Selain Untuk Memasak Ini dia Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan

Rabu 19-07-2023,07:15 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Kemiri  atau   Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang bijinya biasa digunakan untuk sumber minyak dan rempah-rempah. Menurut   Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gajah Mada , disebutkan bahwa tanaman ini memiliki berbagai nama daerah.

Nama-nama tersebut antara lain   Kereh (Aceh),   Hambiri   (Batak),   Buah koreh (Minangkabau), Kemiri (Melayu, Jawa),   Muncang   (Sunda),   Kameri   (Bali),   Kawilu   (Sumba),   Sapiri   (Makasar),   Sakete (Ternate),   Engas   (Ambon),  dan   Hagi   (Buru). 

Tanaman rempah ini tersebar di berbagai daerah tropis. Tinggi tanamannya bisa mencapai 15 – 25 meter. Daun berwarna hijau pucat dan memiliki biji berdiameter 4 – 6 cm. Biji tanaman ini memiliki lapisan pelindung yang keras dan banyak mengandung minyak.  

Kandungan Kemiri Kemiri sudah sejak dahulu digunakan untuk berbagai keperluan. Rempah-rempah yang satu ini diketahui memiliki berbagai kandungan senyawa aktif. Berdasarkan   Data Komposisi Pangan Indonesia , dalam 100 g kemiri diketahui memiliki kandungan  protein, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, Niasin, Vitamin C, dan lain sebagainya. 

Manfaat Kemiri untuk Kecantikan Mengutip dari   klikdokter.com , kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut penjelasannya.

1. Melembapkan kulit Kandungan vitamin  dalam kemiri diketahui bisa menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan tidak kering. Selain itu, antioksidan dan asam strearat pada minyak kemiri juga dapat melembapkan kulit. Sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Membuat wajah lebih bercahaya Kandungan vitamin dan antioksidan dalam rempah-rempah ini juga bisa membantu regenerasi kulit. Hal tersebut membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

3. Menyamarkan kerutan di wajah Manfaat kemiri lainnya yaitu dapat mengatasi kerutan dan   menghilangkan mata panda . Antioksidan yang ada didalam bahan alami ini bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengangkat sel kulit mati.

selain untuk kecantikan wajah kemiri juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut 

Manfaat Kemiri untuk Rambut Selain bermanfaat untuk kesehatan,   hambiri   juga bermanfaat untuk rambut. Mengutip dari   sehatq.com , berikut ini beberapa manfaat kemiri untuk rambut.

1. Mengatasi rambut kering Rambut kering sering menjadi masalah bagi banyak orang. Minyak kemiri dipercaya bisa melembapkan rambut. Kandungan asam lemak esensial dan asam amino bisa menembus sampai ke lapisan kulit kepala. Sehingga rambut menjadi lebih lembap dan sehat.

2. Membuat rambut berkilau Manfaat kemiri untuk rambut lainnya yaitu membuat rambut menjadi lebih berkilau. Kandungan asam gmma-linolenic berfungsi sebagai kondisioner alami bagi rambut. Sehingga rambut lebih lembap dan nampak berkilau.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut Rempah-rempah ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sehingga dapat mencegah masalah kerusakan rambut dan kebotakan. Minyak kemiri juga dipercaya bisa digunakan untuk Anda yang ingin   memanjangkan rambut   dengan alami.

4. Membuat rambut lebih kuat Minyak kemiri mengandung asam linoleat dan linoleat yang dapat melapisi, memberikan nutrisi, melembapkan, dan memperbaiki rambut yang bercabang. Anda bisa menggunakan minyak kemiri bersama masker rambut dengan cara mengoleskan secara langsung ke rambut. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Melembapkan kulti kepala Kemiri mengandung tanin yang bersifat antioksidan. Kandungan tersebut membuat kulit lebih sehat, bersih, dan bebas bakteri. Hal tersebut dapat membuat kulit kepala lebih lembap dan sehat.

6. Mengatasi ketombe Ketombe menjadi masalah kesehatan rambut yang banyak dikeluhkan. Untuk mengatasi ketombe, Anda dapat menggunakan minyak kemiri. Kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai anti radang dipercaya bisa mengatasi radang kulit akibat ketomba.

7. Melindungi rambut dari sinar matahari Paparan sinar matahari langsung tidak hanya menyebabkan masalah pada kesehatan kulit saja, namun juga bisa menyebabkan masalah pada rambut. Kandungan vitamin E dapat menjaga kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Vitamin ini dapat menangkal radikal bebas dna menjaga sel membran dari kerusakan.

8. Mengatasi psoriasis Prosiasis adalah gangguan pada kulit kepala yang ditandai dengan kulit berisisik, gatal, dan rambut rontok. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda butuh pelembap untuk meringankan peradangan dan gatal.

9. Merawat rambut bagi kulit kepala sensitif Perlu dipahami bahwa tidak seluruh produk perawatan rambut cocok digunakan untuk seluruh jenis kulit kepala. Ada beberapa orang yang memiliki kulit kepala sensitif. Minyak kemiri diketahui dapat menjadi produk perawatan yang aman bagi seluruh jenis kulit kepala, termasuk kulit kepala yang sensitif.

(*)

Kategori :