Goa Sentono: Tempat Wisata Penuh Sejarah yang Ada di Blora

Selasa 18-07-2023,11:20 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Keunikan serta keindahan Goa Sentono mempunyai nilai dan daya tarik tersendiri, yakni dimana batuan alami yang indah berpadu dengan hijaunya area pesawahan menciptakan pemandangan yang sangat unik dan indah ketika kita lihat.

Goa Sentono Blora merupakan tempat wisata alam yang dipadu dengan kisah sejarah tersendiri dan menjadi salah satu cagar budaya yang harus kalian kunjungi ketika berada di Kabupaten Blora.

 

Goa Sentono sendiri memiliki kedalaman sekitar 10 meter dan tinggi yang kurang dari 1 meter dikisahkan konon katanya ada sebuah batu besar yang senantiasa berpindah tempat.

 

Menikmati Wisata dengan Cagar Budaya

 

Kita sudah mengulas pada bagian awal bahwa Goa Sentono menjadi sebuah cagar budaya kebanggaan Blora, yakni dimana kalian bersama keluarga bisa menikmati cantiknya goa alami yang sangat unik.

 

Fasilitas wisata yang ada di sekitarnya juga sudah lengkap dan para pengunjung yang datang dapat duduk-duduk di tempat yang sudah tersedia, untuk area Goa Sentono berada di bawah dan untuk menuju ke sana kalian harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu.

 

Pada bagian sebelah kanan tampak Sungai Bengawan Solo yang menjadi pemisah antara Kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur dengan Kabupaten Blora.

 

Sejarah Wisata Goa Sentono

 

Konon katanya pada zaman dahulu di Dukuh Sentono terdapat sebuah padepokan yang dipimpin oleh Ki Blacak Ngilo, yang pada awalnya Ki Blacak Ngilo memiliki budi pekerti yang baik dan beliau mengajarkan cara bercocok tanam, ilmu spiritual serta memberikan pelajaran ilmu kanuragan pada masyarakat setempat.

Kategori :