Ingin Menanam Buah Naga? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Minggu 16-07-2023,14:44 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Menanam buah naga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Berikut adalah langkah-langkah cara menanam buah naga:

BACA JUGA:Perlu Diketahui Bagi Penyuka Buah Naga, Inilah Manfaat yang Terkandung Pada Buah Naga

1. Pilih Jenis Buah Naga

Langkah pertama adalah memilih jenis buah naga. Ada beberapa jenis buah naga yang berbeda, seperti buah naga merah, putih, atau kuning. Pilih jenis yang sesuai dengan kondisi iklim dan preferensi Anda.

2. Siapkan Lokasi Tanam

Langkah berikutnya yaitu siapkan lokasi untuk menanam buah naga. Buah naga membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh dengan baik. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup dan memiliki drainase yang baik agar tidak tergenang air.

3. Persiapkan Tanah

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tanah. Pastikan tanah memiliki tekstur yang baik dan kaya akan nutrisi. Buah naga menyukai tanah yang sedikit asam hingga netral. Jika tanahnya terlalu asam, pertimbangkan untuk menambahkan kapur pertanian.

4. Pilih Bibit atau Potongan Cabang

Langkah ke empat yaitu memilih bibit atau potongan cabang. Anda dapat memilih bibit buah naga di pusat kebun atau mengambil potongan cabang dari tanaman buah naga yang sudah ada. Pastikan potongan tersebut memiliki akar yang sehat.

5. Tanam Bibit atau Potongan Cabang

Langkah berikutnya tanam bibit atau potongan cabang. Buat lubang tanam yang cukup besar untuk menanam bibit atau potongan cabang dengan kedalaman yang sesuai. Pastikan akar bibit atau potongan cabang tertutup rapat dengan tanah.

6. Beri Penyangga

Langkah selanjutnya yaitu memberi penyangga. Karena tanaman buah naga masih muda, berikan penyangga seperti tiang bambu atau kawat untuk membantu tanaman tumbuh tegak.

7. Siram dengan Bijaksana

Langkah berikutnya adalah menyirami dengan bijaksana. Siram tanaman buah naga secara teratur, tetapi hindari terlalu banyak air yang dapat menyebabkan akar membusuk. Pastikan tanah selalu lembab, tetapi tidak tergenang.

8. Berikan Pupuk

Lalu langkah selanjutnya memberikan pupuk. Berikan pupuk organik secara teratur untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah naga. Pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium yang tinggi akan membantu perkembangan buah.

9. Lindungi dari Hama dan Penyakit

Langkah selanjutnya lindungi dari hama dan penyakit. Perhatikan adanya tanda-tanda serangan hama atau penyakit pada tanaman buah naga. Jika ada, lakukan langkah-langkah pengendalian yang tepat untuk melindungi tanaman.

10. Bersabar dan Perhatikan Pertumbuhan

Dan langkah yang terakhir, tetap perhatikan pertumbuhannya. Pertumbuhan buah naga bisa memakan waktu beberapa bulan hingga tahunan sebelum tanaman mulai berbuah. Bersabarlah dan perhatikan dengan seksama perkembangan tanaman hingga buah mulai muncul.

Menanam buah naga memerlukan perawatan yang baik, tetapi hasilnya akan memberikan kepuasan ketika Anda dapat menikmati buah segar yang tumbuh dari kebun sendiri. Selamat menanam!

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan!

Kategori :