Danau Cisanti: Tempat Wisata untuk Keluarga yang Masih Alami di Bandung

Sabtu 15-07-2023,19:09 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID Bandung bukan hanya kuliner dan bangunanya saja yang mempunyai daya tarik, akan tetapi wisata yang tersedia juga sangat banyak. Mulai dari bernuansa alam maupun wisata keluarga.

Salah satu tempat wisata yang masih alami di Bandung adalah Danau Cisanti yang bisa kalian kunjungi. Tempat ini sangat cocok untuk tempat berlibur kita bersama keluarga maupun dengan teman besti kita.

 

Kawasan Danau Cisanti dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil, dan gunung rakutak serta lokasinya juga tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh pangalengan.

 

Danau cisanti juga suka dipakai sebagai tempat memancing oleh penduduk sekitar, situ ini pernah mendapatkan bantuan bibit ikan mas, nila dan nilem yang memang bisa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar.

 

Situ atau danau kecil ini merupakan hulu sungai Citarum, tempat ini ditampung aliran dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum yang utama.

7 diantara mata air yang ada disini, seperti mata air citarum, cikoleberes, cikahuripan, cihaniwung, cisadane, cikawudukan dan cisanti.

 

Petilasan Dipati Ukur

 

Pada Situ Cisanti juga terdapat petilasan Dipati Ukur, beliau adalah seorang wedana para bupati Priangan pada abad 17. Beliau juga salah seorang yang memimpin penyerangan ke Belanda di Batavia, dan sekarang nama beliau di abadikan menjadi nama salah satu jalan di kota Bandung.

 

Pada area Petilasan Dipati Ukur terdapat mata air yang dikeramatkan dan tidak sembarang orang bisa datang ke sini, jika ingin kesini harus didampingi oleh kuncen yang ada di lokasi. Tempat ini tidak seperti Sendang Geulis Kahuripan yang dimana area mata air disini tidak bisa sembarangan dikunjungi.

 

Kategori :