The Heritage Palace Solo, Destinasi Wisata Ala Eropa Klasik yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Jumat 14-07-2023,01:26 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Meiffio Hasanain Mayzaldin

DISWAYJATENG.ID - Solo, atau yang juga dikenal dengan Surakarta, merupakan sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia yang kaya akan warisan budaya.

Tempat ini mengambil tema eropa klasik yang terlihat dari bentuk bangunan dan barang-barang antik yang menghiasi setiap tempat. Karena itulah bangunan bekas pabrik ini disebut sebagai Heritage Palace yang berarti istana warisan.

Dengan arsitektur yang memukau, desain yang rumit, dan sejarah yang memikat, The Heritage Palace menjadi sebuah wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di Solo.

BACA JUGA:Pandawa Water World: Serunya Liburan Keluarga di Destinasi Wisata Air Terbesar di Solo

1. Asal Usul The Heritage Palace

terletak di Kabupaten Sukoharjo dan hanya berjarak 9 kilometer saja dari pusat kota Solo. Alamat tepatnya di Jl. Permata Raya, Dukuh Tegalmulyo RT 002/RW 008, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Pada awalnya tempat ini merupakan Pabrik Gula Gembongan yang sudah ada sejak 1892 silam. Agar dapat dimanfaatkan kembali akhirnya bangunan tua ini dijadikan menjadi tempat liburan menarik.

Kawasan Pabrik Gula ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan terdiri dari 9 bangunan lengkap dengan cerobong asapnya. Namun hanya 3 bangunan saja yang bisa diakses oleh para pengunjung termasuk halaman outdoornya.

The Heritage Palace merupakan destinasi wisata yang sangat menarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan.

The Heritage Palace menawarkan pengalaman yang mendalam tentang kehidupan kerajaan Jawa di masa lampau. Saat memasuki kompleks istana, pengunjung akan segera terpesona oleh keindahan arsitektur Eropa yang khas.

Dinding-dindingnya yang megah, ukiran yang rumit, dan atap-atap yang menjulang tinggi mencerminkan keahlian tangan-tangan terampil dalam seni ala Eropa pada zaman dulu.

2. Daya Tarik dari The Heritage Palace

Salah satu hal yang menarik tentang The Heritage Palace adalah tata letaknya yang mengikuti konsep bangunan Eropa zaman dulu.

Kompleks istana ala Eropa menjadi daya tarik utama wisata ini. Setiap halaman mewakili tingkatan yang berbeda dalam hierarki sosial.

Halaman-halaman tersebut mencerminkan pengaruh kehidupan di zaman Eropa klasik dalam, dengan menggabungkan simbol-simbol kerajaan dan filosofi dalam setiap elemen arsitekturnya.

BACA JUGA:Harga Tiket Masuknya Terjangkau, Inilah 10 Tempat Wisata Murah di Solo

Tidak hanya mengagumkan dari segi arsitektur, The Heritage Palace juga menyimpan banyak koleksi seni berharga.

Kategori :