Seharga Rumah? Inilah 10 Jenis Burung Termahal di Dunia, Ada Yang Capai 1,2M!

Rabu 12-07-2023,17:48 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID Bagi sebagian orang merawat dan memelihara burung adalah sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang jatuh cinta pada burung, karena hewan satu ini memang memiliki banyak daya tarik yang dapat memikat siapa saja yang melihatnya.

Namun, tidak hanya untuk dijadikan hewan peliharaan saja, ada berbagai macam burung yang disukai karena keahliannya dalam ajang adu balap atau adu kicau. Berbagai jenis burung di dunia memang memiliki keindahan dan keunggulannya masing-masing.

Tak heran, ada jenis burung yang memiliki harga selangit. Namun, tahukah Anda jenis-jenis burung termahal di dunia?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 jenis burung termahal di dunia :

1. Racing Pigeon

Dikenal sebagai merpati balap, racing pigeon adalah burung yang dapat terbang dengan cepat dan sering memenangkan ajang balap burung. Pada tahun 2013 di Belgia, racing pigeon sempat dilelang setinggi US$6 juta (Rp 85,3 miliar).

Harga dari burung merpati balap ini berkisar US$ 90.900 atau Rp1,2 miliar.

2. Elang Golden

Elang golden merupakan jenis elang yang berasal dari Republik Ceko dan termasuk dalam jenis elang terbesar di dunia. Di Indonesia, ada salah satu warga di Semarang yang memiliki burung ini.

Elang ini biasa digunakan oleh warga Ceko untuk berburu. Kini, elang hasil ternak yang mempunyai berat hingga 9 kilogram dipatok seharga Rp 300 juta.

3. Kakaktua Jambul Hitam

Kakaktua satu ini tergolong burung langka yang berhabitat di hutan hujan Australia dan Papua. Tampilannya sangat elegan dengan warna bulu aku kebiruan dan pipi kemerahan.

Keunikan burung satu ini terletak pada bentuk jambulnya yang mencuat dengan apik. Hanya saja ukurannya tidak terlalu besar, hanya bisa mencapai sekitar 60 cm saat dewasa.

Kakaktua Jambul Hitum tergolong sulit dikembangbiakkan sehingga harganya sangat mahal, yakni sekitar Rp231,2 juta.

4. Toucan

Toucan adalah jenis burung yang mahal karena kombinasi warna bulu dan sayapnya. Warna hitam, ungu, kuning, oranye, hijau dan biru menjadi campuran warna yang mempercantik burung ini. Burung ini terkenal di Meksiko Selatan, Amerika Selatan, dan Karibia.

Burung toucan adalah spesies yang paling populer dan harganya berkisar antara $5.000 (Rp 78 juta) dan $10.000 (Rp 157 juta).

5. Burung Hyacinth Macaw

Burung Hyacinth Macaw atau Macaw Biru berasal dari Amerika Latin ini. Burung Macaw Biru dikenal dengan bulu biru dan pipi kuning yang cantik.

Selain keindahan bulunya, Macaw Biru dalah burung yang cerdas dan jinak. Akan tetapi, burung ini tidak cocok dimasukkan ke dalam kandang.

Burung ini memiliki harga yang cukup fantastis yakni berada di kisaran 100-580 juta.

BACA JUGA:Super-Super Pedas! Inilah 7 Jenis Cabai Terpedas Di Dunia, Bisa Bikin Mulut Terbakar

6. Flamingo

Burung flamingo adalah salah satu burung yang sangat khas dilihat dari bentuknya. Burung ini berwarna merah muda, berkaki kecil tapi panjang.

Mereka sering berdiri satu kaki meski tidur. Burung ini berharga $ 1.500 atau sekitar Rp 22 juta.

7. Merak Putih

Burung merak putih memiliki bulu yang indah dengan paduan warna yang cantik. Tapi yang termahal adalah burung merah yang berwarna putih secara keseluruhan. Harganya bisa sampai Rp 20 jutaan.

8. Scarlet Tanager

Berasal dari kawasan Amerika Utara, burung scarlet tanager dikenal dengan bulu merahnya yang cantik. Burung ini sering membuat sarangnya di pohon ek.

Selain warnanya yang memukau, burung scarlet tanager juga terkenal karena kepandaiannya dan lengkingan suaranya yang tinggi nan merdu. Harga yang dibanderol sekitar US$900 atau setara dengan Rp 12,8 juta.

9. Oriole Utara

Burung berwarna kuning cerah ini dapat dijumpai di belahan bumi bagian utara. Burung ini terkenal dengan kicauannya yang memukau dan kerap diikutsertakan dalam perlombaan burung. Burung ini dibanderol dengan harga US$850 atau setara dengan Rp 12,1 juta.

10. Mountain Bluebird

Mountain bluebird dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 16-20 cm dan beratnya hampir 30 gram. Burung ini memiliki warna biru dan abu-abu kusam dan memakan beri, kacang dan serangga.

Dalam mencari mangsa, mereka akan melayang di atas mangsa, lalu mencekik untuk menangkapnya. Hampir sama dengan Oriole Baltimore, burung ini dipatok dengan harga Rp 12 jutaan.(*)

Kategori :