Curug Malela: Ini Dia Air Terjun ternyaman di Jawa barat

Rabu 12-07-2023,11:53 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Air yang dialirkan oleh Curug Malela berasal dari hulu Sungai bagian utara Gunung Kendeng, yang merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Dan ternyata Curug Malela merupakan curug paling atas dari beberapa air terjun seperti Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir sampai Curug Pameungpeuk.

 

Curug Malela berada di Kawasan Bandung Barat tepatnya berada di Kampung Manglid. Namun saat ini Curug Malela telah berbenah sedemikian rupa sehingga membuatmu terus ingin mengunjunginya.

 

Berikut adalah daya tarik dan informasinya:

 

1.   Menyaksikan Niagara Mini di Jawa Barat

 

Curug Malela hadir tidak seperti kebanyakan pada umumnya, yakni dengan kondisi curugnya yang lebar dengan ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter. Karena bentuknya yang lebar tersebut sehingga disebut-sebut mirip seperti Niagara Falls yang ada di Kanada.

 

Kondisi air Curug Malela tergantung pada musim, jika sedang musim hujan debit airnya akan sangat deras sekali dengan kondisi air yang berwarna kecoklatan. Namun jika musim kemarau tiba debit airnya tidak terlalu besar, dan airnya cukup bersih.

 

Kalian dapat mendekati area curug dengan menuju jembatan yang ada dari atas jembatan dapat merasakan hembusan air yang dicurahkan. Alam di sekitarnya sangat indah dan terkesan masih asri dengan kehadiran pohon-pohon hijau yang masih rindang.

 

Bagi kalian tidak dianjurkan untuk berenang di area curugnya tetapi hanya dapat bermain air di sekitar aliran sungai dengan duduk di atas batu besar.

Kategori :