Oleh-oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Saat Berkunjung Di Magelang

Senin 10-07-2023,16:29 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID – Musim liburan saat ini  tinggal beberapa minggu lagi manfaatkan  sisa waktu ini untuk mengajak Keluarga terutama anak sekolah yang sedang menikmati masa liburan ini.

Magelang  yang terkenal dengan destinasi wisata Borobudur  tentunya  menjadi tujuan utama para wisatawan. Banyaknya wisatawan, baik itu  wisatawan  yang lokal maupun mancanegara yang berkunjung, membuat masyarakat sekitar terus berinovasi untuk menarik semakin banyak wisatawan. 

Dengan adanya inovasi yang dilakukan saat  ini salah satunya yaitu  pada aspek oleh-oleh. Karena selain menikmati destinasi menarik di Magelang, para wisatawanini  juga bisa sekalian untuk  mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khasnya. 

Oleh-oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Saat Berkunjung Di Magelang

Kebanyakan oleh-oleh ini adalah  produk tradisional yang dikreasikan menjadi lebih menarik dan mebuat penasaran untuk mencicipinya.Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu daerah tempat  tujuan wisata tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut. 

Untuk itulah, berikut ini beberapa oleh-oleh khas Magelang yang Harus  Anda bawa ketika berkunjung ke sini.

BACA JUGA: Lezatnya Mangut Beong Makanan Khas Magelang Selain Rasanya juga Bergizi Tinggi

1. Wajik dan Jenang  Ny. Week

Ini bukan tanpa alasan bila jajanan ini menjadi favorit dan harus dibawa menjadi oleh-oleh. Sebab selain rasanya yang lezat, cita rasa wajik dan jenang Ny. Week ini terus dijaga dan menjadi salah satu oleh-oleh legendaris dari Magelang.

Wajik ini merupakan jajanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar ketan. Dengan teksturnya yang lengket tapi tetap  lembut di mulut dengan rasanya yang  manis dan  khas. 

Biasanya wajik ini berwarna hijau. Tapi disini, ada dua varian rasa wajik. Rasa gula kelapa dengan warna coklat dan rasa pandan berwarna hijau.

2. Ampyang / Gula Kacang

Dari namanya saja sudah  bisa ditebak terbuat dari bahan apa jajanan ini. Jajanan tradisional ini mempunyai cita rasa manis dan gurih yang khas. Dengan teksturnya yang  lengket seperti permen dengan tekstur renyah dari kacangnya.

Pembuatan jajanan ini memang  cukup mudah. Kacang tanah disangrai terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke dalam cairan gula merah. Sebagai variasi tak jarang juga ditambahkan jahe. Karena itu, cita rasanya juga semakin variatif dengan rasa hangat dari jahe.

3. Gethuk Trio

Kategori :