7 Hal Ini Bisa Mengundang Ular Masuk Rumah, Jangan Sepelekan!

Senin 10-07-2023,11:31 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - 7 Hal Ini Bisa Mengundang Ular Masuk Rumah, Jangan Sepelekan! Ular adalah reptil dari kelompok Serpentes yang dikenal dengan tubuhnya yang memanjang dan tidak memiliki kaki. Mereka adalah hewan bersisik dengan beragam ukuran, warna, dan pola tubuh.

Ular dapat ditemukan di berbagai habitat seperti hutan, padang rumput, gurun, dan perairan. Beberapa spesies ular hidup di tanah, sementara yang lain tinggal di pohon.

Mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda tergantung pada spesies dan preferensi makanan mereka. mereka juga menyukai tempat lembap, tak heran jika mereka sering masuk ke rumah.

Namun ada beberapa alasan mereka datang ke rumah, karena apa saja?

Berikut 7 hal yang mengundang datangya ular :

1. Membiarkan rumput liar tumbuh rimbun

membiarkan rumput liar tumbuh rimbun di sekitar tempat tinggal atau area terbuka tertentu dapat mengundang datangnya ular. Rumput liar yang tidak terawat memberikan tempat berlindung yang ideal bagi ular, terutama jika rumput tinggi dan lebat.

Ular cenderung menghuni tempat-tempat seperti ini untuk mencari makanan, bersembunyi, atau bertelur.

2. Adanya tumpukan batu

Tumpukan batu atau bebatuan besar dapat memberikan tempat perlindungan dan tempat persembunyian yang ideal bagi ular. Ular sering mencari tempat-tempat yang gelap dan terlindung untuk beristirahat, bersembunyi dari predator, atau berjemur di bawah sinar matahari.

Tumpukan batu juga biasanya menjadi tempat tinggal serangga atau hewan kecil lainnya, hal inidapat menarik ular untuk datang dan memangsa hewan-hewan tersebut. Ular biasanya memangsa hewan seperti tikus, katak, atau kadal, dan jika tumpukan batu menyediakan tempat yang strategis untuk berburu, ular mungkin tertarik untuk mendapatkan makanan di sekitarnya.

3. Adanya tikus di rumah

Tikus merupakan makanan alami bagi beberapa jenis ular, dan kehadiran tikus dapat menarik perhatian ular yang mencari makanan.

Jika ada populasi tikus yang besar di sekitar rumah Anda, kemungkinan ular akan lebih tertarik untuk mendekati rumah Anda. Untuk mencegah kedatangan ular, penting untuk mengendalikan populasi tikus di sekitar rumah.

Selain itu, jika Anda tinggal di daerah yang dikenal dengan populasi ular yang tinggi, penting untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan seperti menjaga kebersihan dan memperhatikan keamanan rumah Anda.

4. Adanya retakan atau celah di rumah

Retakan atau celah di rumah bisa memungkinkan ular masuk ke dalam rumah, terutama jika rumah Anda berlokasi di area yang memiliki populasi ular yang tinggi. Ular sering mencari tempat perlindungan yang gelap dan tersembunyi, dan celah atau retakan di rumah dapat menjadi tempat yang menarik bagi mereka.

Celah di sekitar kusen jendela dan pintu, retakan di fondasi rumah, maupun lubang di drainase menjadi tempat masuk ular. Tutup setiap lubang, retakan, atau celah di sekitar rumah, terutama yang berada dekat tanah agar ular tidak masuk.

BACA JUGA:Ikuti Saran Kakek Tinggalkan Irisan Batang Serai di Sudut Ruangan, Setelah 1 Jam Begini Hasilnya

5. Ada Tumpukan kayu

Ular adalah makhluk hidup yang ada di banyak lingkungan alam, termasuk di hutan, semak belukar, dan daerah dengan vegetasi yang lebat. Mereka dapat muncul di tempat-tempat di mana mereka dapat menemukan makanan, tempat berlindung, atau lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tumpukan kayu bisa menjadi tempat berlindung yang menarik bagi beberapa jenis ular, terutama jika ada lubang atau celah yang cocok untuk mereka.

6. Adanya tumpukan daun

Tumpukan daun di halaman membuat berantakan sekaligus menjadi tempat berlindung yang sempurna bagi ular. Jika dibiarkan, ular dapat tiba-tiba berjalan masuk ke dalam rumah.

Tumpukan daun juga menjadi kamuflase bagi ular untuk bersembunyi dari pemangsa. Usir ular dengan cara selalu membersihkan dan merapikan halaman rumah dari sampah dedaunan

7. Membiarkan pakan burung berceceran

Bagi orang yang memiliki burung, membiarkan pakan burung berceceran di lantai atau tanah bisa mengundang spesies makanan ular datang.

Selanjutnya ular bisa berdatangan. Sebaiknya taruh pakan brung dengan baik dan rapi. Tak hanya pakan burung, pakan hewan lain juga bisa jadi sebab ular berdatangan.(*)

Kategori :