Sebagai Penyedap Rasa Masakan? Bukan Hanya Itu Manfaat Kemiri, Baca Ini Sampai Selesai

Senin 10-07-2023,10:49 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG   - Kemiri merupakan salah satu biji tanaman yang sering masyarakat Indonesia gunakan sebagai penyedap rasa. Namun, selain mereka gunakan sebagai penyedap rasa, biji yang bernama lain Aleurites moluccana tersebut ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Kemiri memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, linoleat, dan linolenat, dan nutrisi penting lainnya. Misalnya seperti vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan yang berperan penting dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berkat kandungan nutrisinya, kemiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bila anda olah dan anda gunakan sebagai minyak, kemiri dapat menyehatkan rambut, membuat kulit tampak bercahaya, melindungi kulit dari gangguan kesehatan tertentu, hingga mengatasi ketombe. Bila anda konsumsi, manfaat kemiri mereka percaya dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.”

Selain bermanfaat  sebagai bumbu masakan, kemiri umumnya juga mereka olah untuk sebagai minyak. Nantinya minyak tersebut akan mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya masyarakat Indonesia menggunakan kemiri sebagai bumbu dapur. Namun, selain untuk memasak, ternyata ada manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh yang jarang ketahui oleh banyak orang. Mengutip buku Rempah-Rempah (Bumbu Dapur Kaya Manfaat) oleh Inti Aisyah (2020: 107), kemiri dapat kita temukan pada  daerah dengan iklim subtropis seperti Indonesia, Malaysia, dan beberapa bagian Australia.  

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Kemiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman rempah ini memiliki banyak kandungan seperti asam lemak yang ternyata bisa menyehatkan. Untuk lebih jelas, berikut manfaat kemiri yang perlu diketahui.

1.     Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Kemiri sering orang gunakan untuk perawatan kesehatan rambut. Minyak kemiri memiliki kandungan asam linoleat yang berperan penting dalam memberikan nutrisi pada rambut sehingga dapat mencegah kerusakan rambut.

2.     Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat kemiri lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin E dan C  dalamnya. Selain itu, kandungan antioksidan pada kemiri juga berperan penting dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas. Maka dari itu, mengonsumsi kemiri secara teratur diharapkan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai infeksi.

3.     Menangani Infeksi Jamur

Minyak kemiri juga dapat anda gunakan untuk menangani infeksi jamur pada kulit. Caranya adalah mengoleskan minyak kemiri pada kulit yang terkena jamur. Jika anda lakukan secara rutin maka dapat membantu mengatasi infeksi jamur dengan efektif.

4.     Mengatasi Peradangan

Kemiri mempunyai kandungan asam lemak yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menenangkan otot dan sendi.

5.     Melembabkan Kulit

Kemiri juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak kemiri dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan menutrisi kulit sehingga kulit terasa lembut

dan halus.

6.     Membuat Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Minyak kemiri dapat membuat kulit yang kering, kusam, dan menua tampak lebih sehat dan bercahaya.   Perlu anda ketahui bahwa minyak kemiri mengandung senyawa antioksidan

penting yang berasal dari vitamin A, C, dan E. Senyawa antioksidan dikenal dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel kulit.

Selain itu, minyak kemiri dapat menembus dan meresap pada kulit dengan mudah dan membuatnya terasa halus dan lembut. Tanpa membuat kulit terasa berminyak setelah anda oleskan.

7.     Mengatasi Jerawat

Tidak hanya melembabkan kulit, kemiri juga dapat membantu mengatasi jerawat pada kulit. Kandungan kemiri yang bersifat anti inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi jerawat.

8.     Mengurangi Tanda Penuaan

Mengutip buku Kemiri: Kekayaan dan Manfaat dari Si Biji Ajaib oleh Tresno Saras (2023: 29), kemiri mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas serta meredakan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Minyak kemiri memiliki manfaat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus pada wajah.

9.     Mengurangi Peradangan Kulit

Selain untuk menenangkan otot dan sendi, kandungan asam lemak kemiri yang bersifat anti inflamasi juga dapat membantu peradangan kulit sehingga bermanfaat bagi kulit yang sensitif atau berjerawat.

10. Sebagai Obat-Obatan Alami

Kemiri memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Oleh karena itu, selain menjadi rempah dan bumbu dapur, kemiri juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami   untuk mengobati sariawan, demam, sakit gigi, dan kapalan.

Itulah ulasan mengenai 8 manfaat kemiri untuk kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan mengenai manfaat rempah-rempah untuk tubuh.

BACA JUGA:Jangan Kaget, Ini Lho Manfaat Biji Ketumbar Gak Nyangka Banget Nomor 5

Nah, itulah beberapa manfaat kemiri bagi kesehatan, baik minyaknya maupun bila dikonsumsi sebagai bahan makanan. Mulai dari menyehatkan rambut, hingga memperkuat kekebalan tubuh. (*)

Kategori :