Perut Anda Buncit? Mungkin 7 Makanan Ini Dalang Penyebabnya

Sabtu 08-07-2023,08:48 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Jika perut anda buncit, Mungkin 7 Makanan Ini Dalang Penyebabnya. Perut buncit merupakan masalah kesehatan yang mesti diwaspadai, karena bisa menuntun orang yang mengalaminya terkena beragam masalah kesehatan lain.

Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan lemak yang tidak sehat, yaitu lemak viseral. Lemak tersebut mengelilingi hati dan organ-organ lain di perut Anda.

Semakin banyak penumpukan lemak viseral, semakin tinggi pula risiko terkena penyakit sindrom metabolik, diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya. Penumpukan lemak viseral yang menyebabkan perut buncit utamanya adalah akibat dari pola makan yang kurang tepat.

Berikut 7 makanan penyebab perut buncit yang perlu Anda ketahui:

1. Makanan cepat saji

Apakah Anda hobi makan burger, piza, hotdog, kentang goreng, dan makanan cepat saji jenis lainnya? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Ini karena makanan cepat saji, apapun jenisnya, mengandung kadar kalori tinggi yang jika dikonsumsi bisa membuat lemak viseral menumpuk. Alhasil, terjadinya perut buncit tak bisa dihindari lagi.

2. Kentang goreng

Kentang goreng juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Satu studi di Harvard menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kentang goreng berat badannya bertambah lebih dari tiga ponsetiap empat tahun.

Selama penelitian, para pemakan kentang goreng memperoleh 13 pon lemak perut hanya dari kentang goreng.

3. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan, erat kaitannya dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang dan perut buncit. Selain itu, banyak jenis alkohol yang tinggi kalori, misalnya bir yang mengandung sekitar 150 kalori dalam satu gelasnya.

Minuman beralkohol tersebut jika diminum secara berlebihan dapat membuat tubuh mengalami kelebihan asupan kalori.

4. Gorengan

Selain murah, gorengan seperti bakwan, tempe, tahu, cireng, dan lainnya juga menawarkan rasa gurih yang bikin lidah bergoyang. Namun, di balik segala kenikmatan yang ditawarkan, gorengan bisa bikin perut Anda buncit dengan cepat, lho!

Faktanya, makanan yang diproses dengan cara digoreng mengandung kadar lemak jenuh yang relatif tinggi. Oleh karena itu, jika dikonsumsi apalagi dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan menumpuknya lemak viseral yang merupakan penyebab perut buncit.

BACA JUGA:Mau Menurunkan Berat Badan? Inilah Daftar Buah-buahan Yang Cocok untuk Diet

5. Daging olahan

Banyak produk daging olahan yang bisa Anda temukan di supermarket, seperti sosis, daging asap, daging burger, dan banyak lagi.

Daging olahan ini juga memiliki kandungan natrium yang tinggi. Selain itu juga mengandung kalori dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Oleh karena itu, daging olahan termasuk ke dalam makanan penyebab perut buncit.

6. Cokelat

Cokelat tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi kesehatan. Cokelat hitam misalnya, menurut penelitian dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Tapi, cokelat yang mengandung susu lah yang harus diwaspadai. Cokelat susu batangan mengandung gula dan kalori yang tinggi. Bagi Anda penggemar cokelat susu, jangan konsumsi berlebihan agar perut tidak jadi buncit.

7. Makanan dan minuman tinggi gula

Makanan atau minuman yang tinggi gula seperti soda, permen, dan kue-kue manis dapat menyebabkan perut buncit. Kandungan gula dalam makanan tersebut dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan menyebabkan penimbunan lemak di perut.

Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan asupan gula dalam makanan sehari-hari dan mencoba untuk menguranginya. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.(*)

Kategori :