Ingin Membuat Puisi yang Keren? Coba Cara Ala Sapardi, Dijamin Antigagal!

Minggu 02-07-2023,00:07 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG.ID - Anda ingin membuat puisi yang keren? Yuk simak cara yang dilakukan oleh Spardi Joko Darmono. Pastikan puisimu behasil dan indah. Sapardi Joko Darmono adalah seorang penyair terkenal asal Indonesia. Ia lahir pada tanggal 29 Maret 1940 di Solo, Jawa Tengah, dan meninggal pada tanggal 19 Juli 2020 di Jakarta.

Sapardi Joko Darmono terkenal sebagai salah satu penyair kontemporer Indonesia yang karyanya memiliki gaya bahasa yang sederhana namun sarat makna.

Karya-karya Sapardi Joko Darmono banyak membahas tema-tema cinta, kehidupan, keindahan alam, dan refleksi tentang eksistensi manusia.

Beberapa buku puisi terkenal yang ditulis oleh Sapardi Joko Darmono antara lain "Hujan Bulan Juni" (1964), "Pilpres" (2014), dan "Sapardi Sajak-sajak" (2018). Puisi-puisinya sering kali memadukan kehidupan sehari-hari dengan ungkapan yang dalam dan menghadirkan gambaran tentang kehidupan manusia.

Karya-karya Sapardi Joko Darmono telah banyak diakui dan mendapatkan penghargaan, termasuk Penghargaan Achmad Bakrie dalam Bidang Sastra (1987), Penghargaan Achmad Bakrie untuk Karya Sastra Terbaik (1994), dan SEA Write Award dari Thailand (1996) atas kontribusinya dalam bidang sastra.

Puisi-puisinya juga telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan diterbitkan dalam antologi puisi internasional. Sapardi Joko Darmono adalah seorang penyair terkenal asal Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips menulis puisi yang dapat diinspirasi oleh pandangan dan karya-karya Sapardi Joko Darmono:

1. Perhatikan Detail dan Observasi

Sapardi Joko Darmono seringkali menulis puisi yang berdasarkan pada pengamatan yang cermat terhadap detail kehidupan sehari-hari. Perhatikan dengan seksama lingkungan sekitar Anda, detil-detil kecil, dan pengalaman pribadi yang mungkin menjadi inspirasi untuk puisi Anda.

2. Gunakan Bahasa yang Sederhana dan Jujur

Sapardi Joko Darmono dikenal dengan gaya bahasanya yang sederhana dan jujur. Coba sampaikan pemikiran dan perasaan Anda secara langsung dan tulus dalam puisi. Hindari penggunaan kata-kata yang rumit atau berbelit-belit, dan coba untuk berbicara dengan suara yang autentik.

3. Ciptakan Irama yang Menarik

Sapardi Joko Darmono menggunakan ritme yang menarik dalam puisinya. Eksperimen dengan ritme, repetisi, atau aliran kata yang membentuk irama yang unik dalam puisi Anda. Jika perlu, baca puisi Anda secara lantang untuk mendengarkan irama yang tercipta.

BACA JUGA:Ungkap Fakta: Kiat Sukses Membuat Puisi Ala Kahlil Gibran, Ungkapan Emosi adalah Kunci Utama

4. Gunakan Imaji dan Metafora yang Kuat

Kategori :