Uji Keiritan Yamaha Filano Dan Honda Beat, Mana Yang Teririt?!

Selasa 27-06-2023,23:37 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

Mulut tangki ini kemudian dihubungkan dengan selang guna mengaliri bensin ke tangki yang memiliki kapasitas 4,4 liter itu.

Fery Nurul Fajar, Servis Edukasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyampaikan meski tangki berada pada posisi sangat rendah, namun konsumen tidak perlu khawatir kemasukan air ketika digunakan melintasi air.

Seperti motor pada umumnya, ia mengatakan Grand Filano memiliki batas aman ketinggian air untuk dilintasi, yakni setengah roda atau di bawah lubang knalpot.

"Dengan asumsi tersebut, air tidak akan masuk baik lewat air intake dan knalpot jadi motor tetap aman. Jika lebih dari itu ya mending lewat jalan lain dong," kata Fery ditemui di Jakarta, Senin (13/2).

Ia mengatakan konsumen tidak perlu khawatir tangki bensin ikut terendam air yang ujungnya dapat merusak pompa bahan bakar atau komponen lain pada mesin.

Fery bilang tangki skutik bergaya retro tersebut dirancang dengan penutup rapat sehingga air tak tembus ke dalam.

"Jadi tangki ini tidak dibuat telanjang, ada penutup yang melindungi sehingga air tak akan masuk ke dalam. Selama batas air masih wajar ya tidak akan masalah," kata dia.

 

Fery Nurul Fajar, Servis Edukasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menyampaikan Grand Filano mengandalkan fitur Stop & Start System untuk membantu keiritan. Fitur ini membuat konsumsi bahan bakar Grand Filano lebih irit tiga persen.

 

Berdasarkan pengujian internal Yamaha, angka konsumsi bahan bakar motor yang memiliki berat 100 kg tersebut yaitu 60 km per liter.

Yamaha Grand Filano Hybrid Dilego Rp27 Juta

"Untuk konsumsi bahan bakarnya segitu," kata Fery di Jakarta belum lama ini.

 

Sedangkan Honda Beat, berdasarkan klaim Astra Honda Motor (AHM) konsumsi bahan bakarnya dapat tembus 60,6 km per liter.

 

Kategori :