Mengapa Bisa Terjadi Sinusitis? Simak Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin 26-06-2023,23:30 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

3. Terapi tambahan

  • Jika sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang parah, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk membantu memerangi infeksi.
  • Jika polip hidung menjadi penyebab sinusitis, terapi dengan kortikosteroid dapat direkomendasikan untuk mengurangi peradangan dan membantu mengempiskan polip.
  • 4. Efek samping

    Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat sinusitis antara lain:

    1. Sakit kepala

    Ini adalah salah satu gejala paling umum dari sinusitis. Peradangan pada sinus dapat menyebabkan tekanan dan rasa sakit di sekitar area wajah dan kepala, terutama di belakang mata atau di daerah pipi.

    2. Hidung tersumbat atau pilek

    Peradangan pada sinus bisa menyebabkan pembengkakan dan produksi lendir yang berlebihan. Ini dapat mengakibatkan hidung tersumbat atau pilek yang berlangsung lama.

    3. Nyeri wajah

    Peradangan pada sinus juga bisa menyebabkan rasa sakit atau tekanan di daerah wajah, terutama di sekitar hidung, pipi, dan dahi. Nyeri ini dapat menjadi kronis atau berulang.

    4. Batuk

    Drainase lendir yang berlebihan dari sinus ke tenggorokan dapat menyebabkan iritasi dan batuk yang berkelanjutan.

    5. Gangguan tidur

    Gejala sinusitis yang tidak nyaman seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan batuk dapat mengganggu tidur, menyebabkan kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

    6. Gangguan penciuman dan pengecapan

    Peradangan pada sinus dapat mengganggu fungsi indra penciuman dan pengecapan. Penderita sinusitis mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk mencium atau merasakan rasa makanan dengan jelas.

    7. Kelelahan dan kelemahan

    Kategori :