Beginilah Cara Membuat Sate Kambing yang Empuk, Enak dan Lezat

Senin 26-06-2023,01:10 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Sate kambing merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang terkenal dan populer. Sate ini terdiri dari potongan daging kambing yang ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dipanggang atau dibakar hingga matang. Daging kambing yang dipilih biasanya memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang khas Berikut adalah cara membuat sate kambing yang empuk dan enak:

Bahan-bahan yang diperlukan :

Untuk bahan-bahan yang diperlukan seperti 500 gram daging kambing (pilih bagian yang berlemak untuk kelezatan dan keempukan yang lebih baik) , 2 sendok makan kecap manis , 2 sendok makan minyak goreng , 2 sendok makan air jeruk nipis , 2 sendok makan bawang merah goreng (sebagai taburan, opsional) , dan juga Tusuk sate (rendam dalam air agar tidak gosong saat dipanggang)

Siapkan juga Bumbu marinasi :

Untuk membuat bumbu marinasi siapkan 4 siung bawang putih, haluskan , 1 sendok teh ketumbar bubuk , 1 sendok teh jintan bubuk , 1 sendok teh merica bubuk , 1 sendok teh garam , dan juga 1 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah:

1. langkah pertama yaitu s iapkan daging kambing dan potong-potong menjadi dadu kecil. Bersihkan dari lemak berlebihan (tetapi biarkan sedikit lemak agar sate lebih empuk).

2. langkah kedua yakni d alam sebuah wadah, campurkan semua bumbu marinasi: bawang putih, ketumbar bubuk, jintan bubuk, merica bubuk, garam, dan minyak goreng. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur.

3. langkah ketiga adalah m asukkan potongan daging kambing ke dalam wadah dan balurkan bumbu marinasi ke seluruh permukaan daging. Pastikan semua daging terendam dalam bumbu. Diamkan selama minimal 1 jam (atau lebih baik jika didiamkan semalam di dalam kulkas agar bumbu meresap dengan baik).

4. langkah selanjutnya a mbil tusuk sate yang telah direndam dalam air, dan tumpuk beberapa potongan daging kambing di setiap tusukan. Lakukan hingga semua daging habis ditusuk.

5. langkah berikutnya p anaskan grill atau teflon dengan api sedang. Olesi tusuk sate dengan minyak goreng agar tidak lengket saat dipanggang.

6. langkah keenam p anggang sate kambing di atas grill atau teflon, bolak-balik sate secara teratur agar matang merata dan tidak gosong. Panggang hingga daging matang dan berwarna kecokelatan, sekitar 10-15 menit.

7. langkah ketujuh yaitu s etelah matang, angkat sate kambing dari panggangan dan letakkan di piring saji. Siramkan kecap manis dan air jeruk nipis di atas sate sebagai pelengkap rasa.

8. langkah terakhir yakni s ajikan sate kambing panas dengan taburan bawang merah goreng (jika diinginkan) dan sambal kecap. Nikmati sate kambing yang empuk dan lezat!

Pastikan untuk memilih daging kambing yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil sate yang terbaik. Selamat mencoba!

Kategori :