Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Ada di Desa Rahtawu Kudus

Sabtu 24-06-2023,12:45 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID - Desa Rahtawu adalah sebuah desa yang memiliki beberapa tempat wisata keren menjadi rujukan ber wisata ketika berada di Kota Kretek Kudus. Banyaknya ragam wisata yang dapat kita tuju pada ketinggian sekitar 1.627 mdpl menjadi sebuah desa wisata yang tidak boleh ter lewatkan.

Desa Rahtawu berada pada Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Berikut adalah 5 tempat wisata yang ada pada Desa Rahtawu, antaranya:

1.   Pemandian Alami Rahtawu

Pemandian Alami Rahtawu terdiri dari  kali pethuk  dan Kali Tempur . Tempat ini merupakan yang menawarkan pengunjung untuk bermain air d alam aliran sungai yang bersih.

Selain bermain air  sungai atau kaliny a kalian juga dapat berenang d alam kolam renang yang sudah ter sediakan. Mandi pada aliran sungai Kali Pethuk merupakan pengalaman yang seru apalagi untuk anak-anak .

Tiket masuknya cukup dengan membayar parkir yaitu Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jika perut sudah mulai lapar kita hanya menuju warung makan yang ada pada sekitar Kali Pethuk.

Lokasi Pemandian Alami Rahtawu sangat dekat dari Air Terjun Kali Banteng yang hanya sekitar 100 meter saja. Maka dari itu kalian akan dapat mengunjungi tiga wisata yang berbeda dalam satu waktu.

 

2.  Omah Dongkas

Omah Dongkas merupakan tempat makan yang nyaman pada Desa Rahtawu dan kita juga bisa duduk lesehan. Menu makanan pasa Omah Dongkas juga beragam mulai dari gorengan hingga makanan berat ada semua. 

Kalian juga dapat memancing, berenang hingga bermain air d alam aliran sungai yang berada pada area bawah. Omah Dongkas buka setiap hari Selasa hingga Minggu dan untuk hari Senin tutup , b eroperasi dari pagi hingga malam hari.

 

3.   Air Terjun Kali Banteng

Destinasi wisata selanjutnya pada Desa Wisata Rahtawu adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang masih asri.  Tempat ini adalah s ebuah air terjun recommended pada Desa Rahtawu, Kecamatan Dawe.

Lokasinya berada pada lereng Gunung Muria dan tempatnya enak untuk kita jadikan lokasi wisata keluarga. Walaupun untuk menuju air terjunnya harus menapaki beberapa anak tangga dan jarak dari area parkir kendaraan sekitar 50 meter.

Untuk menikmati bermain Air Terjun Kali Banteng ka lian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

 

4.   Joglo Dopang

Joglo Dopang merupakan tempat wisata Rahtawu yang memiliki area kolam renang dan airnya berasal dari mata air pegunungan. Sehingga kolamnya terhindar dari bau kaporit dan juga airnya sangat bersih dan jernih.

Selain itu juga memiliki suasana alam yang mempesona, sehingga dapat menjadi spot foto menarik dengan berlatarkan alamnya yang indah. Joglo Dopang juga terkenal sebagai sebuah restoran atau tempat makan yang recommended .

Jam buka Joglo Dopang mulai pagi hari hingga sore hari dengan biaya tiket masuk hanya sebesar Rp10.000 per orang.

 

5.   Seribu Batu Semliro

Terakhir ada Seribu Batu Semliro yang merupakan tempat nongkrong asyik pada ketinggian dengan pemandangan yang indah dan sangat asri. Harga makanannya juga terjangkau , dengan menu makanan yang cukup beragam.

Selain tempat nongkrong yang asyik Seribu Tangga Semliro juga kita jadikan lokasi untuk hunting foto yang instagramable dan kekinian. Tempat wisata Rahtawu yang satu ini baru resmi pada tahun 2019 kemarin .

Seribu Tangga Semliro beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu dan buka mulai 07.30 sampai 19.00 WIB .

 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Ada Di Daerah Kudus Jawa Tengah

Demikian pembahasan kita mengenai 5 tempat wisata yang berada pada Desa Rahtawu, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :