Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Ada Di Daerah Kudus Jawa Tengah

Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Ada Di Daerah Kudus Jawa Tengah

Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Ada Di Daerah Kudus Jawa Tengah-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Kudus adalah sebuah daerah yang menyimpan sejarah Islam yang sangat kental. Seperti sudah diketahui bahwa Kudus merupakan salah satu tempat perkembangan kebudayaan Islam di Jawa pada masa Wali Songo.

Hal tersebut dibuktikan dengan peninggalan sejarah yang berupa Masjid Agung Demak dan  Air Tiga Rasa serta makam Sunan Muria. Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 tempat wisata yang ada dikudus, antaranya:

 

1. Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa Rejenu tepatnya berada di atas Air Terjun Monthel sebelah utara makam Sunan Muria. Penamaan  Air Tiga Rasa karena masing-masing air memiliki rasa yang berbeda-beda ketika kita coba.

Sumber air yang pertama memiliki rasa tawar dengan sedikit rasa masam yang diyakini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sumber mata air yang kedua mempunyai rasa seperti minuman bersoda yang berkhasiat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup.

Sedangkan mata air yang ketiga memiliki rasa mirip seperti tuak yang berkhasiat melancarkan rezeki. Lokasinya berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan jam buka 24 Jam serta tiketnya gratis.

 

2. Desa Wisata Rahtawu

Desa Rahtawu merupakan bagian dari desa wisata yang ada di Kudus. Tempat ini berada pada ketinggian sekitar 1.627 mdpl membuat suhu udara di desa ini sangat sejuk.

Lokasinya berada pada sebelah Gunung Muria bahkan banyak pengunjung yang melakukan trekking menuju puncak. Diantaranya puncak 29, pendakian natas angin, mengunjungi sungai, berkunjung ke kali pethuk, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi tempat ini berada pada Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan buka 24 jam. Sedangkan tiketnya hanya berlaku pada lokasi wisata yang akan dituju dengan harga yang berbeda-beda.

 

3. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus sebetulnya bernama Masid Al Aqsa Manarat Qudus atau biasa kita sebut dengan nama Masjid Al Manar. Masjid ini didirikan oleh Sunan Kudus pada tahun 956 H atau 1549 M.

Sunan Kudus membuat masjid ini dengan konsep bangunan yang menggabungkan kebudayaan Hindu, Budha, dan Islam. Sehingga nampak pada masjid ini sangat unik dan juga indah ketika kita mengunjunginya.

Dengan nuansa kebudayaan Hindu terasa kental pada bagian menara masjid terutama pada bagian kaki dan badan. Menara diukir dengan menggunakan tradisi Jawa-Hindu begitu pula dengan motifnya.

Lokasinya berada pada Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus dan buka 24 jam serta tiket gratis.

4. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin merupakan destinasi wisata alam yang harus kalian kunjungi ketika mengunjungi Kudus. Tempatnya masih sangat asri dan alami serta memiliki panorama alam yang tidak kalah dengan air terjun lainnya.

Kalian akan dapat merasakan kesegaran airnya menyentuh tubuh serta udara sejuk yang menyegarkan. Akan tetapi kita harus menapaki jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan tengah rimbunnya pepohonan.

Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan yang akan kita dapat. Berlokasi pada Dusun Bakaran, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kudus buka 24 jam dan tanpa tiket masuk.

5. Desa Wisata Colo

Desa Wisata Colo berada pada ketinggian 700 mdpl yang berada pada kawasan Pegunungan Muria. Tempat ini mulai dirintis menjadi sebuah desa wisata pada tahun 2012 silam.

Ragam wisata seru juga ada seperti mengunjungi Air Terjun Motel, melakukan trekking untuk menikmati keindahan Pegunungan Muria. Serta mengunjungi Taman Ria Colo dan  berziarah ke makam Sunan Muria.

Lokasinya ada pada Desa Colo, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dan buka 24 jam serta tiket masuk Rp5.000.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Di Daerah Gresik

Demikian pembahasan kita mengenai 5 tempat wisata yang berada pada Daerah Kudus yang bisa kalian kunjungi, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: