Ini Dia 4 Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Di Daerah Gresik

Ini Dia 4 Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Di Daerah Gresik

Ini Dia 4 Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Di Daerah Gresik-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Gresik adalah sebuah kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, dan dikenal sebagai Kota Santri. Hal itu karenakan pada kabupaten ini terdapat makam dari salah satu tokoh Wali Songo.

Yaitu makam Sunan Giri serta Sunan Maulana Malik Ibrahim yang menjadi bukti sejarah bahwa Gresik pernah menjadi tempat penyebaran agama Islam. Bukan hanya itu saja Gresik juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi, antaranya:

1. Pantai Dalegan

Ketika kita berkunjung ke Gresik tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Dalegan yang indah ini. Sebuah pantai dengan hamparan pasir putih bersih serta laut biru dengan ombaknya yang tenang.

Disini anak-anak dapat bermain pasir serta jangan lewatkan untuk bermain pada air lautnya. Bahkan kalian bisa juga menyewa sampan menuju ke tengah lautan atau bermain wahana air lainnya.

Menikmati keindahan Pantai Delegan sambil duduk-duduk santai merupakan ragam wisata seru yang dapat kalian lakukan. Hembusan angin menyejukkan serta deburan airnya menenangkan jiwa dan raga.

Pantai ini berlokasi pada Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk tiket masuknya yaitu Rp10.000 serta jam buka tempat ini mulai 07.00  sampai 17.00 WIB.

 

2. Bukit Sekapuk

Tempat wisata yang kedua yaitu ada bukit Sekapuk yang merupakan terbentuknya akibat proses penambangan yang dilakukan secara terus menerus. Sehingga membentuk barisan bukit kapur masif dan panjang.

Ukurannya yang sangat tinggi membuat kita merasakan takjub dalam diri serta katanya mirip dengan bangunan peradaban Yunani Kuno. Disini banyak spot foto bagus yang dapat kalian manfaatkan.

Seperti halnya pada sebuah kubang yang berbentuk kotak-kotak yang sebenarnya merupakan tempat penambang membuat batu bata kapur. Akan tetapi sangat eksotis untuk kita jadikan spot foto.

Selanjutnya ada pilar-pilar kapur yang menjulang sangat tinggi bahkan sekarang bukit sekapuk sudah dilengkapi dengan beragam wahana permainan yang seru. Bukit ini sendiri berlokasi pada Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Untuk bisa memasuki tempat ini tiketnya Rp20.000 perorang dan jam bukanya mulai 08.00 sampai 17.00 WIB.

 

3. Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri merupakan wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk berziarah.  Area makam komplek Sunan Giri terbagi menjadi 3 langkan yaitu dengan gapura sebagai penandanya.

Area pertama atau bagian luar berupa gapura bentar dengan kala makara yang berbentuk sepasang naga. Area kedua terdapat Gapura Bentar yang sudah tak berbentuk lagi dan terakhir area ketiga berupa Gapura Paduraksa.

Untuk menuju makam Sunan Giri kalian harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Dan berlokasi pada Jalan Sunan Prepen No.7, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

Serta jam bukanya mulai 09.00 sampai 22.00 WIB.

 

4. Bukit Jamur

Terakhir ada bukit jamur yang awalnya bukan merupakan sebuah tempat wisata melainkan sebuah lokasi proyek penambangan kapur yang kemudian ditinggalkan. Karena bebatuan yang ada disini berbentuk seperti jamur dan terlihat sangat unik.

Maka mulai banyak orang yang datang untuk sekedar berfoto bersama dengan batu jamur tersebut. Bebatuan ini terbentuk seperti itu karena mengalami proses erosi angin dan hujan, yang berlangsung sedemikian rupa.

Dan ternyata bukit jamur bukan hanya ada di Gresik saja, namun juga di Kalimantan Barat tentunya dengan keunikan yang berbeda. Bukit Jamur merupakan tempat yang paling digandrungi oleh mereka yang senang berselfi ria.

Fenomena alam yang unik ini memang harus diabadikan yang berlokasi pada Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk masuknya beragam mulai Tiket Rp3.000 untuk yang menggunakan motor.

Serta tiket Rp10.000 untuk yang menggunakan mobil dan jam bukanya mulai  06.00 sampai 17.00 WIB.

BACA JUGA:Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya Situs Giri Kedaton yang Berada di Kota Gresik

Demikian pembahasan kita mengenai 4 wisata yang berada di Gresik, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: