Wow! Cacing Tanah Ternyata Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Sabtu 24-06-2023,11:26 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Siapa sangka jika cacing tanah memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan. Sebagian orang masih menganggap bahwa cacing tanah menjijikkan.

Namun tahukah anda jika caning tanah ini dapat memberikan   banyak manfaat bagi kesehatan. Kehadirannya juga baik dalam menciptakan ekosistem yang ideal bagi tanaman untuk tumbuh.

Hewan ini banyak kita temui dalam tanah yang lembab. Dengan bentuknya yang panjang dan tekstur tubuh yang lunak, membuat yang melihatnya geli serta jijik.

Manfaat Cacing Tanah bagi Lingkungan

Cacing berperan penting dalam meningkatkan ketersediaan unsur hara untuk membentuk lapisan tanah yang bernutrisi. Cacing mengonsumsi mikroorganisme dan partikel mineral yang ada dalam tanah.

Ini yang memunginkan tanah yang berisi cacing memiliki struktur lebih gembur dan kualitas yang subur. Selain dari itu, cacing tanah juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan drainase atau penyaluran air tanah. Yakni dengan membuat lorong dalam tanah.

Lorong tersebut berfungsi sebagai saluran air, sehingga tanah dapat menyerap lebih banyak air. Ada juga manfaat lain dari keberadaan cacing ini, yakni mengendalikan dan mengatasi polusi tanah.

Hal ini karena cacing merupakan organisme yang mampu mendeteksi adanya perkembangan polusi tanah pada tempat ia hidup. Sebagai contoh polusi tanah akibat kontaminasi logam berat.

Nantinya cacing akan meningkatkan nutrisi dan menyuburkan tanah kembali. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan lebih aman untuk manusia konsumsi.

Manfaat Cacing Tanah bagi Kesehatan

Selain baik bagi lingkungan, cacing juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa manfaatnya:

1.     Mengatasi Peradangan dalam Tubuh

Cacing berperan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan senyawa dalam tubuh cacing yang memiliki efek anti radang sehingga bisa mencegah dan mengobati peradangan.

2.     Mengatasi Gangguan Sistem Saraf

Selain mengurangi peradangan, hewan ini juga bisa mengatasi gangguan pada sistem saraf. Menurut penelitian, ekstrak cacing tanah jenis Lumbricrus rubellus dapat meningkatkan fungsi sistem saraf. Juga dapat mempercepat proses regenerasi saraf yang rusak.

3.     Menjadi sumber nutrisi bagi tubuh

Meski hewan ini hidup pada lingkungan yang terbilang kotor, siapa sangka cacing justru bisa menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. Jenis cacing ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan asam amino.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah tersebut tidak heran jika cacing sering orang santap sebagai salah satu bahan makanan bernutrisi dan sumber protein.

4.     Mengatasi Penyakit Tipes

Cacing tanah pun ternyata mampu mengatasi penyakit tipes. Beberapa senyawa dalam perut cacing jenis Pheretima javanica memiliki efek antiracun dan antibiotic. Efek ini bisa melawan bakteri Salmonella typhi penyebab tipes. Namun penting jugauntuk anda ingat bahwa manfaatcacing tanah untuk kesehatan tsebut masih perlu penelitian lebih lanjut. Hal ini karena terbatasnya data dan uji klinis pada manusia.

BACA JUGA:Jika Anda Alami Hal Ini, Hati-Hati Gejala Gula Darah Tinggi! Waspada

Keberadaan cacing tanah memang memiliki banyak manfaat yang tidak bisa kita remehkan. Meski begitu, cacing juga bisa menimbulkan penyakit. Saran kami, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mengonsumsinya. (*)

 

Kategori :