Ini Dia 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh KIta

Rabu 21-06-2023,06:31 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Jahe merupakan t anaman kategori rempah yang hidup pada tanah lembap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan jika mengkonsumsi jahe. M emang hal ini jahe sudah menjadi rahasia umum kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak produk yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya seperti misalnya kopi yang kita campur jahe, teh jahe, hingga susu jahe. Sebab k andungan yang terdapat dalam jahe baik bagi kesehatan tubuh kita.

  Seperti kandungan air, serat, karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3 dan vitamin C. Kandungan mineral yang ada dalam jahe terdiri dari fosfor, zat besi dan kalsium.

Sedangkan kandungan bioaktif yang terdapat pada jahe seperti gingerol, shogaol, curcumin, dan diarilheptanoid. Bukan hanya itu j ahe mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi dalam menetralisir radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita .

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:

1.  Memperlancar sirkulasi darah kita

Bagi s etiap bagian tubuh ter aliri oleh darah yang berfungsi sebagai asupan oksigen, zat nutrien, dan zat lainnya . Hal ini karena   berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara berkelanjutan.

Darah dalam setiap tubuh seseorang terus mengalir dan berputar dalam sistem sirkulasi paru-paru. Apabila k etika jantung atau paru-paru seseorang mengalami masalah, maka darah pun tidak akan mengalir dan membuat seseorang jadi mudah sakit.

Maka dari itu j ahe memiliki kandungan antioksidan mampu memberantas radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh seperti kurang lancarnya aliran darah.

 

2.   Memperkuat sistem imun bagi tubuh

Salah satu hal penting guna menjaga sistem imun tubuh adalah adanya sel darah putih. Imun tubuh berfungsi guna melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri dll.

Imun tubuh ini berbentuk seperti jaringan, sel, protein, organ khusu s. Pada bagian ini mereka bekerja sama melindungi tubuh dari berbagai hal yang membahayakan kesehatan.

Seperti d ari berbagai gizi yang terkandung dalam jahe seperti vitamin, tentunya bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

 

3.   Mengatasi pengapuran bagian tulang

Seperti yang kita tahu p engapuran tulang atau osteoarthritis penyebabnya oleh beberapa faktor . S eperti antaranya adalah pertambahan usia, kelebihan kalsium dalam tubuh, obesitas, dan kecelakaan.

Hal ini s eseorang yang mengalami pengapuran tulang biasanya terjadi daerah sendi . karena kondisi sendi mengalami peradangan yang penyebabnya oleh bantalan pada ujung tulang menipis.

J ahe sendiri mengandung gingerol yang bermanfaat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan . H al ini sangat ampuh dalam melawan infeksi yang terjadi dalam sendi tubuh kita .

 

4.   Men cegah tumbuhnya tumor dan sel kanker

Penyakit tumor dan kanker menjadi penyakit dalam kategori berat dan berbahaya bagi kita . Terlebih penyakit kanker adalah penyakit mematikan yang dapat menyerang ke seluruh tubuh dan penyebarannya pesat jika tidak segera terobati .

Pada zaman sekarang ini pengobatan kanker sudah populer dengan yang kita namakan kemoterapi. Hal itu sebab untuk membunuh sel kanker yang menyebar dan bertumbuh pesat pada tubuh kita .

S etelah itu lakukan operasi guna mengangkat sisa-sisa sel tumor ganasnya. Bag p enderita penyakit seperti tumor dan kanker bisa memanfaatkan jahe sebagai obat herbal .

K arena jahe mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas pada tubuh . Jahe juga mengandung zat antioksidan yang tentunya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

 

5.  Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi

M engalami m enstruasi adalah siklus bulanan yang wanita hadapi setelah remaja hingga menopause. Bagi wanita t erkadang beberapa wanita pun saat menstruasi merasakan nyeri pada perutnya.

Nyeri pada saat menstruasi atau biasa kita sebut dismenore penyebabnya oleh beberapa faktor . S eperti halnya fibloid rahim, endometriosis, darah keluar secara deras, mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah, dan lain sebagainya.

Dengan solusi mengkonsumisi minum air jahe maka dapat menghangatkan perut yang akan membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

 

BACA JUGA:6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Yang Sedang Mengandung

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :