Ini Dia 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selasa 20-06-2023,11:27 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Buah tin memiliki rasanya yang manis dan mempunyai banyak biji yang terkandung dalam buahnya sehingga menjadi ciri khas buah tin . Buah ini dapat kitaa makan langsung setelah kita cuci bersih kemudian kita potong dan makan beserta bijinya.

Buah tin juga dapat kita konsumsi dalam bentuk segar atau kering. Manfaat dari buah ini sangat banyak mulai dari membantu mencegah osteoporosis .

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dan Keunikan Buah Naga Kuning

Karena rasanya yang manis serta tinggi kalori kita harus mem batasi meng konsumsinya dalam jumlah sedang. Ketika kita Konsumsi buah tin dalam bentuk kering kita tidak boleh memaknnya melebihi 4 - 5 buah perhari.

Sementara itu apabila ukuran buah tin nya besar maka konsumsilah tidak lebih dari 2 buah pe r hari. Alternatif lain adalah kita masak dengan cara kita panggang pada oven atau alat pemanggang yang ada dalam rumah kita .

Buah tin dapat kita beli pada toko buah atau melalui pasar yang ada pada wilayah kita . Walaupun harganya sedikit mahal dari pada buah lainnya .

T etapi buah tin memiliki manfaat yang melimpah untuk tubuh kita . B uah tin dan kurma mempunyai profil nutrisi yang mirip  sehingga buah ini dapat menjadi alternatif pengganti kurma.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat buah tin untuk kesehatan, antara lain:

1.  Membuat perut kita tidak cepat lapar

Jika kita menginginkan efek kenyang yang lebih lama kalian bisa mengonsumsi buah tin kering sebagai camilan.  K andungan  serat  dalam buah tin kering menyebabkan perut kita tidak mudah lapar.

T etapi porsi untuk kita konsumsi buah tin perlu ter pantau karena buah ini memiliki rasa yang manis dan tergolong tinggi kalori.

Buah tin kering juga lebih baik bila kita konsumsi pada pagi atau siang hari.

Karena pembakaran kal ori   akan lebih mudah terjadi saat kita beraktivitas pada pagi dan siang hari.

 

2.  Menjaga tekanan darah agar  tetap stabil

Mengkonsumsi b uah tin sangat aman ter konsumsi oleh orang orang yang mempunyai kondisi  hiperte nsi  atau tekanan darah tinggi. K andungan  kalium  atau potassium dalam buah tin dapat menyeimbangkan proporsi sodium dan kalium dalam tubuh.

Jika p ola makan yang banyak mengonsumsi sodium akan menyebabkan kadar sodium meningkat. Kadar sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah naik dan bila tidak kita obati dapat mengakibatkan sakit jantung.

Tidak hanya itu kandungan serat dalam buah tin juga dapat mengeluarkan ekstra sodium dalam tubuh kita .

 

3.  Dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar

Sindrom iritasi usus besar adalah gangguan usus yang menyebabkan perut menjadi nyeri, banyak gas, serta konstipasi . Menurut Amy Kaczor seorang ahli diet asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa konsumsi 1 sendok teh buah tin segar tidak akan memicu gejala Sindrom iritasi usus besar .

 

4.   S ebagai s umber antioksidan

Pada buah tin mengandung  phenol yang termasuk salah satu antioksi dan . Fungsi  phenol adalah untuk mengurangi risiko serangan jantung dan kanker. P roperti antioksidan yang ter miliki oleh buah tin juga dapat memperlambat efek penuaan.

Buah tin yang kaya akan kandungan antioksidannya tinggi adalah buah tin yang sudah masak atau matang.

 

5.   Sumber kalsium untuk kesehatan tulang

Menjaga kadar  kalsium  dalam tubuh tidak selalu harus dengan mengonsumsi produk yang terbuat dari susu. Buah tin juga dapat kita konsumsi untuk mendapatkan kalsium dan  zat besi yang mana keduanya bagus untuk  kesehatan tulang .

Menurut   Harvard Health Publishing 2 buah tin kering mengandung sekitar 65 miligram (mg) kalsium. Buah tin kering juga dapat kita potong kecil-kecil untuk kemudian campurkan dengan  havermut atau kita blender untuk minum.

 

Demikian pembahasn kita mengenai 5 manfaat buah tin untuk kesehatan, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :