10 Resep Olahan Daging Kurban

Senin 19-06-2023,16:08 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Tidak lama lagi idul adha akan tiba, Momen Hari Raya Idul Adha menjadi momen untuk kita merasakan nikmatnya berbagi ke orang sekitar, juga momen untu anda berkreasi memasak daging kurban menjadi menu olahan yang lezat tentunya dinikmati bersama keluarga.

 

Olahan daging sapi  atau kambing juga beragam tergantung selera, berikut kami sajikan 10 rekomendasi olahan daging sapi kurban yang bisa anda coba dirumah.

 

1.  1. Sate

 

Punya daging sapi atau kambing? yuk diolah menjadi sate saja. Daging kambing atau sapi tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.

 

2.   2.S teak

 

Meskipun terbilang rumit cara memasaknya, steak dipastikan menjadi menu favorit anda dirumah. Steak adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam, dan ikan sering kali dipotong menjadi steak. Kebanyakan steak dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steak biasanya dimasak dengan dipanggang

3. Rendang

Meskipun makanan ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, tapi  rendang sudah jadi hidangan Nasional yang disukai juga hampir di seluruh Indonesia. Apalagi saat Iduladha di mana kita bisa mendapatkan daging sapi segar selepas pemotongan kurban. Nah ide resep  olahan daging kurban ala rumahan yang pertama bisa kamu buat adalah rendang.

Cita rasa olahan daging yang dimasak menggunakan santan dan bumbu rempah yang banyak ini sangat terasa nikmat di lidah. Kunci kelezatannya ada pada proses masaknya yang lama, hingga santan beserta rempahnya saling menyatu dan menyerap ke daging. Jadi kalau dapat stok daging sapi yang cukup melimpah, dimasak saja langsung untuk jadi rendang.

4.   Semur Daging

Ide resep olahan daging kurban lainnya yang juga menjadi makanan khas hari raya adalah semur daging. Nama semur sendiri konon dari Bahasa Belanda “smoor”, tapi dikutip dari Kompas, hidangan ini bisa dibilang perpaduan kuliner Tionghoa, Belanda, dan Lokal Indonesia. Nah untuk momen Hari Raya Kurban, kamu bisa memanfaatkan baik daging sapi ataupun kambing sebagai isian semur.

Bumbu dan rempah-rempah dasarnya seperti kemiri, pala, jintan, ketumbar, lada, hingga cengkeh dan kayu manis. Hidangan berkuah cokelat ini mempunyai harum aromatic khas rempah yang bikin makin nafsu untuk disantap. Masyarakat Betawi khususnya, menjadikan semur sebagai sajian lauk utama saat hari raya. 

5.    Gulai Daging

Gulai daging menjadi ide resep olahan daging kurban berikutnya yang bisa dengan mudah disajikan di rumah saat hari raya. Daging yang dipakai seringkali adalah daging kambing yang lengkap dengan jeroannya seperti ati, babat, dan paru. Selain kambing, gulai daging sapi yang mirip dengan gulai daging yang hits juga bisa kamu jadikan pilihan. 

Dalam resepnya, siapkan bumbu rempah seperti pekak, jintan, kunyit, garam, serai, kemiri, kapulaga, kayu manis, dan daun jeruk. Pemakaian santannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan selera, mau santan kental ataupun santan yang lebih encer. Gulai daging sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat maupun ketupat atau lontong. 

6.   Sop Kaki Kambing

Selain sop iga yang berkuah bening, kamu juga bisa memasak sop kaki kambing untuk ide resep olahan daging kurban berikutnya. sop kaki kambing memang tersohor dari Betawi dan banyak pilihan tempat makan terkenalnya di Jakarta. Tapi kamu bisa juga kok membuatnya sendiri di rumah bila mendapatkan daging kambing yang lengkap dengan jeroan dan tulang-tulangan.

Pertama-tama rebus dahulu bagian kambing dengan air biasa hingga dua kali perebusan untuk meminimalisir lemak jenuh. Lalu tumis bumbu halus seperti bawang merah dan putih, kemiri, jahe, biji pala serta merica memakai minyak samin. 

Kemudian masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan daging yang diiringi dengan santan/susu full cream. Jangan lupa masukkan kayu manis,  kapulaga, dan cengkeh supaya aromanya makin sedap.

7.    Dendeng Balado

eman makan rendang di Rumah Makan Padang yaitu dendeng balado juga bisa dijadikan pilihan ide resep olahan daging kurban berikutnya. Daging sapi yang diiris tipis, garing, dan balutan sambal cabai merah berminyak, dijamin bikin auto nambah nasi deh. Cara memasaknya pun gampang untuk langsung dieksekusi di rumah.  Pertama rebus dulu daging sapi, merica, bawang putih, bunga lawang dan garam sampai empuk. Kemudian tiriskan daging dan pukul-pukul hingga semakin lunak serta tipis teksturnya. Lalu daging tersebut digoreng hingga garing dan tambahkan sambal balado tumis yang diulek kasar.

Bagaimana sudah tau mamu mengolah daging kurban nanti?

(*)

Tags :
Kategori :

Terkait