Cara Paling Mudah Usir Tikus Dari Rumah Anda, Simak Baik-Baik

Sabtu 17-06-2023,19:53 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Banyak yang masih kebingungan bagaimana usir tikus dari rumah. Selain tidak enak jika kita lihat, tikus juga dapat membawa penyakit dan menimbulkan risiko kesehatan bagi orang didalam rumah.

Tikus juga bisa merusak perlengkapan rumah, seperti mengunyah dinding atau kabel listrik.jika ingin mempertahankan kenyamanan anda dan keluarga, satu-satunya cara adlah menyingkirkan tikus secara praktis dan aman.

Ada beberapa cara alami mengusir tikus dari rumah yang bisa anda coba.

Cara Mengusir Tikus secara Alami dari rumah :

1.        Tangkap Tikus

Penting untuk menyimpan perangkap tikus pada area yang sering digunakan menjadi jalan tikus. Gunakan   perangkap tersebut untuk menjebak tikus yang berkeliaran dalam ruma anda.

2.        Tutup lubang yang bisa menjadi jalan tikus

Tikus dapat masuk dalam rumah mel;alui lubang kecil, jadi penting untuk menutup celah apapun yang adr untuk menutup lubang   dalam rumah. Anda bisa gunakan plester untuk menutupnya.

3.        Jauhkan makanan dari jangkauan tikus

Hobi tikus nomor satu adalah mencuri makanan yang tersedia dalam dapur, terutama makanan yang terbuka. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan makanan yang sulit dijangkau tikus.

4.        Gunakan kapur barus

Kapur barus sangat manjur untuk mengusir tikus karena mengandung racun yang menyiksa tikus. Simpan kapur barus pada tempat-tempat tertentu yang biasanya menjadi tempat lewat kawanan tikus.

5.        Gunakan minyak peppermint

Ternyata , tikus tidak tahan dengan bau minyak peppermint. Celupkan beberapa bola kapas kedalam minyak peppermint dan sebarkan ke seluruh area yang rawan tikus.

6.        Taburkan lada

Lada hitam memiliki senyawa kimia yang dapat menjad racun bagi tikus dan memicu iritasi serta   ketidaknyamanan. Caranya adalah dengan menggiling lada kasar dan menyebarkannya pada sekitar  area sering menjadi sarang tikus. Begitu juga dengan lada putih memiliki khasiat yang sama.

Tikus tidak menyukai bau lada yang tajam dan tidak sedap. Lada juga ternyata dapat membuat tikus sulit bernapas. Taburkan lada pada tempat biasanya tikus bersembunyi.

7.        Iris bawang merah dan bawang putih

Cara terakhir yang dapat anda coba untuk mengusir tikus adalah dengan menempatkan irisan bawang merah atau bawang putih serta menempatkannya pada bagian lubang tikus. Hal ini dapat membuat tikus pergi dan menolak untuk dating kembali.

8.        Bawang Bombay

Salah satu cara alami yang dapat untuk mengusir tikus adalah bawang Bombay. Hal ini karena tikus tidak menyukai bau-bau menyengat seperti bawang Bombay. Sehingga cara ini dapat menjadikan alternative yang efektif untuk mengusir tikus ini.

Selain itu, menggunakan bawang Bombay sebagai pengusir tikus juga lebih aman dan ramah lingkungan jika kita bandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Caranya pun cukup sederhana, kupas dan iris bawang Bombay menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian letakkan potongan bawang tersebut pada tempat yang sering menjadi srang tikus.

9.        Larutan Cabai

Cabai juga dapat menjadi cara mengusir tikus. Cara penggunaannya yakni dengan membuat larutan cabai yang kemudian anda semprotkan ke tempat-tempat yang sering menjadi sarang tikus. Cara pembuatannya yaitu anda menggunakan cabai rawit secukupnya kemudian cmpurkan air 1-2 liter. Kemudian rebus campuran tersebut hingga airnya berwarna merah pekat. Lalu   tuangkan laruta cabai tersebut ke dalam   botol semprotan.

BACA JUGA:Jarang Orang Tahu, Minum Air Hangat Ternyata Luar Biasa Khasiatnya

Nah, tidak terlalu sulit bukan mengusir tikus dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan. Selamat Mencoba.!(*)

 

Kategori :