Gulai Kambing Menjadi Menu Paling Nikmat Saat Perayaan Hari Raya Idul Adha

Sabtu 17-06-2023,15:54 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.IDGulai Kambing Menjadi Menu Paling Nikmat Saat Perayaan Hari Raya Idul Adha. Saat perayaan Hari Raya idul Adha tentu banyak bungkusan daging dari penerimaan hewan kurban baik dari Teman, sahabat, saudara, kerabat dan masyarakat lainnya.

Untuk itulah kiranya bungkusan daging ini mau memasaknya untuk menu apa ya? Tidak usah bingung satu lagi sajian yang paling Anda cari saat Hari Raya Idul Adha, yaitu Gulai Kambing. 

Menu yang satu ini memang paling cocok dan pas sebagai teman ketupat yang menjadi sajian khas pada setiap kali merayakan hari raya. Gulai kambing merupakan sebuah hidangan Indonesia tradisional berbahan utama daging domba atau kambing yang memasaknya menggunakan santan kental hingga kuahnya mirip kari dan berwarna kekuningan.

BACA JUGA: Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap Nikmat dan Menggugah Selera

Dan gulai Kambing ini aslinya berasal dari Sumatra Barat, tetapi setelah menyebar kebanyak daerah akhirnya termodifikasi untuk menyesuaikan dengan lidah orang pada masing-masing daerah. Sedangkan untuk gulai Kambing ini biasanya tidak hanya berbahan dari daging kambing saja, tetapi bagi sebagian orang banyak juga yang memasukkan jeroan kambing atau sapi.

Gulai Kambing Menjadi Menu Paling Nikmat Saat Perayaan Hari Raya Idul Adha

Bahkan ada pula yang menambahkan lemak untuk bisa menambah nikmat cita rasa gulai. Dengan memasukkan berbagai macam rempah sebagai bumbunya, membuat gulai kambing ini mempunyai aroma yang sangat khas dan cita rasa gurih nikmat. Untuk memperoleh rasa gulai yang cocok dan pas, kita mestinya perlu mengetahui takaran bumbu, bahan, juga beberapa bahan pelengkap yang sesuai. 

Selain itu juga penggunaan bahan-bahan berkualitas juga sangat menentukan rasa dari gulai tersebut. Apalagi bila ada penambahan toping atau taburan juga bisa menambah nikmatnya rasa gulai. Dan satu lagi yang jangan sampai Anda lupakan, yaitu bahan pelengkap, seperti acar, lontong ataupun ketupat serta kerupuk.

BACA JUGA: Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

Karena itulah bahan-bahan pelengkap tersebut akan semakin menambah nikmat cita rasa saat menyantap gulai kambing sambil merayakan hari raya Idul Adha.  Selain itu, jika Anda mempunyai daging kurban yang cukup banyak, anda bisa memasaknya menjadi gulai kambing sesuai dengan seleramu.

Bila anda ingin mencoba membuat gulai sendiri saat dirumah, anda menggunakan resep ini, dengan takaran penggunaan daging sebanyak 500 gram atau setengah kilo.

Resep Membuat  Gulai Kambing

Bumbu Halus

3 butir kemiri

1 sdm ketumbar

Kategori :