Ini Dia Beberapa Kuliner Tradisional yang Berbahan Jagung AS, No 2 Kalian Pasti Suka!

Selasa 13-06-2023,09:57 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –  Jagung tidak asing lagi untuk kita masyarakat Indonesia, karena berbagai kandungan ada pada dalam jagung. Seperti kandungan vitamin c, karotenoid dan bioflavonoid, tiga kandungan tersebut jangan bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.

Jagung merupakan salah satu tanaman palawija yang banyak kita t emukan pada seluruh penjuru N egeri Indonesia ini . Jagung juga bisa kita jadikan sebagai bahan pokok, makanan ini tak sedikit kita kreasikan sebagai menu pendamping atau lauk sehari-hari. 

Berikut ini adalah berbagai olahan makanan yang bisa kalian coba dengan bahan jagung AS, antara lain:

1. Maque choux

Makanan ini b erasal dari Lousiana Amerika Serikat dan merupakan olahan jagung tumis dengan tambahan paprika tomat . Serta ada  bawang putih dan juga bawang bombai , p roses penumisan biasanya menggunakan mentega atau lemak bacon. 

Seledri sering kita tambahkan sebagai bahan pelengkap pada n amun ada beberapa versi maque choux kita b uat lebih creamy . Tentunya dengan tambahan  krim kental , susu atau bahkan kaldu ayam.

Maque choux sering kali kita nikmati sebagai lauk nasi atau bisa juga kita jadikan menu utama .

 BACA JUGA:Ini Dia 5 Kuliner yang Harus Kalian Coba Ketika Berada Di Pekalongan!

2. Corn relish

Makanan yang mempunyai rasa a sam mani s membuat olahan satu ini sangat cocok kita nikmati dengan beberapa jenis makanan lainnya . S eperti nasi, hot dog, burger, ayam bahkan ikan panggang sekalipun.

Corn relish termasuk olahan musim panas yang bisa kita sajikan secara langsung atau kita k alengkan . S ehingga bisa kita nikmati selama setahun penuh dan j agung pada corn relish ini kita proses dengan cara kita masak .

Seperti bersama bawang bombai, paprika, gula dan cuka serta p enambahan gula dan cuka yang membuat corn relish lebih tahan lama.

 

3. Creamed corn

Cremed corn bisa kita bilang termasuk hidangan paling mudah dan sederhana jika kita bandingkan dengan beberapa kreasi lauk jagung lainnya . Cremed corn pada dasarnya terbuat dari jagung, gula, garam dan pati.

Biasanya jagung yang kita gunakan haluskan untuk mengeluarkan sari atau susu jagung kemudian kita masak dengan bahan lainnya . Untuk saat ini tak sedikit yang menyukai creamed corn dengan tekstur yang lebih kental gurih .

U ntuk itu biasanya kita tambahkan dengan heavy cream atau susu, bacon, mentega bahkan beberapa jenis rempah termasuk lada, pala , cabai.

 

4. Succotash

Makanan ini h ampir mirip dengan maque choux, succotash juga merupakan tumisan jagung a kan tetapi bahan pada succotash sedikit lebih banyak. Sayuran yang kita gunakan pada hidangan ini terbuat dari jagung, kacang-kacangan serta labu .

K etiga sayuran tersebut dapat tumbuh bersama pada musim yang sama pula , salah satu hidangan favorit pada New England, Amerika Serikat . Su ccotash sering kita sajikan pada hari-hari biasa atau hari spesial seperti Thanksgiving.

S uccotash sering juga kita jadikan menu inspirasi buat para penganut diet vegan baik untuk kita makan sebagai hidangan utama atau lauk nasi.

 

5. Vermont corn chowder

Kita akan b eralih pada menu yang hangat dan nikmat yakni sup corn chowder terbuat dari bahan dasar jagung . Serta adapula seledri, bawang bombay, mentega dan krim atau susu.

Tapi jika kalian ingin menambahkan kedalam sup ini seperti bacon, kentang, keju dan tepung untuk memperkaya rasa . Chowder sendiri adalah memasak ikan dengan kuah susu dan sayuran dan vermont corn chowder berasal dari Vermont, Amerika Serikat.

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai makanan yang bisa kita oleh dengan bahan jagung AS, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :