Ini 5 Cara Membedakan Sepatu Asli atau Palsu Pahami Sebelum Beli

Jumat 09-06-2023,21:07 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Cara membedakan sepatu asli dan palsu ini perlu anda pahami sebelum membelinya. Sebenarnya membedakan sepatu yang adli dan yang palsu tidaklah sulit. Namun bagi kalian yang kesulitan untuk membedakannya silakan simak berikut ini.

 

Sepatu adalah barang yang tak luput dari kehidupan sehari-haru kita, dari mulai anak-anak sampai orang tua pun mengenakannya. Namun saat ini sepatu yang banyak digandrungi oleh masyarakat adalag sneakers. 

 

Sneakers selain sepatu ini nyaman, sneakers juga meniliki banyak model dan juga bisa digunakan untuk kegiatan apapun. 

 

Harga sepatu ini memang tidaklah murah, namun kualitas dan kenyamananya bisa terjamin bila itu asli. Saking banyaknya peminat, kini banyak penjual yang menduplikasikannya untuk dipasarkan. 

 

Bahkan istilahnya sering penjual mainkan, ada istilah KW super, Grade ori hingga Grade Ori Premium Quality. Begitu pula dengan sepatu sneakers dari BNWB sampai BNIB.

Oleh karena itu bila kalian ingin membeli sepatu sneakers pahamilah dulu untuk membedakannya, berikut adalah tips untuk membedakan sepatu asli dan palsu 

5 Cara Membedakan Sepatu Asli dan Palsu

1.    Perhatikan Material Sepatu Cara membedakan sepatu branded ori dan KW bisa kamu perhatikan dari materialnya. Tentunya sepatu ori menggunakan material yang jauh lebih bagus ketimbang tiruannya.

Kamu bisa perhatikan dari bagian solnya. Pola pada bagian sol sangat berbeda dengan sepatu sneakers yang ori. Kemudian, sepatu KW juga sering menggunakan karet mentah, warnanya terlihat kuning kecoklatan.

Jadi sebelum membeli, ada baiknya kamu riset dulu untuk mengetahui rupa asli sneakers yang kamu inginkan itu.

Jika kamu pecinta sepatu sneakers dan anti beli barang tiruan, nantinya kamu juga akan paham mana barang yang asli dan mana yang tiruan .

2.  Pilih Toko yang Terpercaya dan mempunyai rating tinggi ketika membeli online 

Bagi kalian yang ingin membeli sneakers secara online perhtikanlah reating yang diberikan oleh konsumen lain, bila rating dan penilaiannya bagus anda boleh membelinya. Namun untuk memeinimalisir adanya kepalsuan pada sepatu anda alangkah baiknya beli langsung ke tokonya agar bisa mengecek barang secara langsung.

 

3.  Pahami Istilah Grade Ori, Original, Premium, BNWB, BNIB dan Lainnya Cara membedakan sepatu branded ori dan KW sebetulnya sangat mudah. Karena cuma ada dua jenis untuk sepatu   sneakers , yaitu asli dan palsu.  

Namun pedagang sering kali memainkan istilah KW supaya terdengar lebih enak. Pedagang yang menjual barang asli sering menggunakan istilah Original Brand New In Box (BNIB), hingga Brand New Open Box (BNOB).

Original BNIB yaitu barang asli yang belum dikeluarkan dari dalam dusnya, artinya masih gress dari pabriknya.

Sedangkan, Original BNWB yaitu barang asli yang dijualnya tanpa kardus. Biasanya sepatu sneakers ini harganya bisa lebih murah.

Berbeda dengan Original BNOB, ini merupakan sepatu ori atau asli yang telah dikeluarkan dari dalam kardusnya, jadi tidak dalam kondisi tersegel

4.  Cek Label dan Barcode Serinya Cara membedakan sepatu branded ori dengan KW yang berikutnya yaitu mengecek labelnya dan barcode. Jika sudah cek label berikut barcode serinya, maka bisa memastikan mana yang asli atau tiruan.

Untuk itu, cocokan terlebih dahulu nomor seri yang ada pada bagian lidah sepatu dan yang tertera pada kardusnya. Setelah kamu merasa yakin maka kunjungi situs resmi yang menyediakan sneakers.

5.  Cek Harganya Harga sneakers memang tidak ada yang murah. Oleh sebab itu, kamu harus sering meriset mengenai harga sepatu sneakers yang sesuai dengan keinginanmu.

Merk sneakers sekelas Adidas, Nike hingga NB (New Balance) harganya mulai dari Rp 350 ribu hingga mencapai jutaan rupiah. Hal itu tergantung kondisi dan tipe sepatunya.

Jadi kalau sepatu sneakers yang kamu beli harganya Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribuan dipastikan itu adala KW.

 

Itulah 5 hal yang perlu kalian ketahui sebelum membeli snarkers. Jadilah konsumen yang cerdas dan pintar dalam memilih barang asli dan palsu.

(*)

 

Kategori :