Rantai Motor Kendor Jangan Panik, Gunakan Cara Ini

Minggu 14-05-2023,16:34 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Rantai motor kendor dan rusak sudah bukan barang yang aneh. Sepeda motor sering kita andalkan sebagai alat transportasi sehari-hari. Karena dengan motor kita akan dengan mudah menuju tempat lainnya dalam waktu yang singkat.

Pada masyarakat Indonesia, motor sudah menjadi alat transportasi utama. Saat ini, banyak tipe dan jenis motor yang beredar. Pada dsarnya motor memiliki 3 sistem penggerak yaitu rantai, belt dan gear atau garden.

Ketiga system penggerak itu memiliki kelebihan dan kekurangaan yang berbeda juga.

Kali ini kita akan membahas motor dengan penggerak  rantai. Karena jenis ini yang paling banyak masyarakat gunakan. Penggerak rantai ini memiliki kelebihan tenaga yang mesin hasilkan dapat terinduksi dengan baik sehingga kinerja mesin dapat menjadai optimal juga laju motornya.

Nah, agar rantai dapat bekerja lebih lama atau awet, sobat harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Kencangkan rantai

Dalam masa pemakaian rantai pasti akan mengalami pengendoran. Ini wajar, karena sendi-sendi rantai mengalami pemuaian yang kalau terus anda biarkan nantinya akan mempengaruhi kinerja pergerakan roda.

Lakukan pengecekan berkala, jika rantai terlihat kendor segera kencangkan.

 

  1. Bersihkan dari pelumas yang semakin menebal

Pemberian pelumas pada rantai merupakan hal yang penting. Namun, pemberian pelumas ini juga dapat menimbulkan penebalan pada rantai . Ini akan berdampak pada semakin beratnya sendi-sendi rantai yang berputar untuk menarik roda.

Segera lakuka pembersihan jika sudah terlihat penebalan pelumas pada rantai.

Caranya menggunakan sabun cuci piring lalu campurkan dengan bensin kemudian sikat pada bagian rantai.

BACA JUGA:Mie Goreng jawa, Gampang Banget Buatnya..

  1. Berikan pelumas atau oli yang bagus

Setelah rantai kita bersihkan jangan lupa untuk membeikan pelumas rantai lagi. Semprotkan pelumas secara merata se setiap bagian sendi-sendi rantai.

 

  1. Lakukan pergantian rantai jika perlu

Setiap barang yang kita gunakan sudah pasti memiliki usia pakai. Begitu juga dengan rantai motor. Usia rantai motor berbeda-beda tergantung dari cara pemakaian serta cara perawatannya.

Kategori :