Jalan Poros Antar Kecamatan di Brebes Gelap Gulita

Senin 06-02-2023,15:06 WIB
Reporter : Teguh Supriyanto
Editor : Ismail F

BREBES, DISWAYJATENG - Jalan poros yang menghubungkan Desa Buniwah di Kecamatan Sirampog dengan Desa Kutayu du Kecamatan Tonjong gelap gulita. Saat ini ruas penghubung kecamatan itu memerlukan penambahan titik penerangan jalan umum (PJU). Sebab, aktifitas warga cukup tinggi meskipun di malam hari.

 

Hal itu mendapat keluhan dari warga atas minimnya keberadaan PJU. Bahkan di beberapa tempat yang telah terpasang PJU namun saat ini dalam kondisi padam. "Pengendara sangat kesulitan terutama di waktu malam hari, padahal medan di lokasi tersebut banyak tikungan serta tebing yang cukup tinggi sehingga sangat membahayakan," kata Dani, 36, warga Buniwah, Minggu (5/2).

 

Menurutnya warga melalui pemerintahan setempat sudah lama mengusulkan kepada dinas terkait agar jumlah PJU ditambah. Hal itu mengingat sebagai jalan poros, ruas tersebut memiliki tingkat aktifitas yang cukup tinggi bagi aktifitas warga di dua kecamatan. "Kami meminta jumlah PJU ditambah. Apalagi jalan ini merupakan lalu lintas utama bagi warga kecamatan Sirampog yang akan menuju Tonjong tanpa melalui Bumiayu," kata dia.

 

Peningkatan fasilitas PJU ini, dipandang perlu dilakukan karena keberadaan jalan poros Buniwah-Kutayu ini cukup produktif digunakan warga masyarakat untuk berbagai keperluan. "Kami warga yang tinggal di sini merasa kesulitan terutama jika harus keluar malam hari, padahal jalan itu sangat bermanfaat bagti kami," imbuh Purwanto,Warga Desa Buniwah.

 

Terpisah, Camat Tonjung Lukman Hakim menyatakan, usulan penambahan lampu PJU untuk jalan poros Kecamatan sudah diusulkan melalui beberapa kegiatan. "Usulan pengadaan lampu PJU salah satu diantaranya adalah untuk memberikan kenyamanan para pengguna jalan. Disamping itu mencegah tindak kriminalitas. Adanya fasilitas PJU yang memadai, juga berdampak meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat," paparnya.

Kategori :