Mengenal Islam Tanpa Dikotomi; Sebuah Oleh-oleh Dari Gontor

Jumat 28-10-2022,11:37 WIB
Reporter : Ismail Fuad
Editor : Ismail Fuad

DALAM tataran kehidupan, agama Islam (Diin al-Islam) memberikan corak yang sangat khas. Islam adalah sebuah kesatuan gerak pikir dan iman tauhid.

Pesan tersebut terungkap dalam sebuah buku baru. Judulnya “Merawat Nalar Salim: Merenungi Kehidupan dalam Bingkai Pemikiran dan Pendidikan Islam”.

Dalam buku setebal 255 halaman, sang penulis Alvin Qodri Lazuardy, meneguhkan kembali wajah Islam yang menjadi kesatuan. Islam yang tidak perlu dibeda-bedakan, apalagi dikelas-kelaskan.

Alvin Qodry Lazuardy mampu menghadirkan sederet hujjah akan Islam yang bersifat tauhidik anti dikotomik, menyatu di dalamnya keyakinan (aqidah) dioperasionalkan dengan alam fikiran (‘aql) menginternal ke dalam kepribadian (syakhsiyah) terejawantahkan dengan perilaku (akhlaq) dan tersusun menjadi sistem kehidupan bagi pemeluknya (minhaj al-hayah) serta membentuk suatu pandangan hidup bagi pemeluknya (ru’yatu al-Islam).

Buku ini, seolah membawa pembaca bisa menyelami lautan ilmu tanpa tepian yang menjadi nilai (values) model dan sistem pendidikan Islam di Pondok Pesantren Modern Gontor, Jawa Timur yang menjadi mercusuar peradaban Islam terbesar di Indonesia. 

Penulis mencoba menyusun buku ini dengan beberapa bagian. 

Bagian pertama bertema; Pemikiran Islam di dalamnya mencakup beberapa judul; Belajar Worldview Islam Dari Prof. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, Tantangan Generasi Milenial, Menilik Definisi Agama, Kerancuan dalam Konsep Transenden Agama, Esensi Tauhid Dalam Sila Pertama, Panduan Toleransi Menurut Islam, Beradab Kepada Rasulullah, Sirah Nabawiyah Sebagai Dasar Pergerakan dan Refleksi Islamisasi, Sains, Barat.

Bagian kedua membahas secara garis umum mengenai Pendidikan Islam yang di dalamnya diuraikan tentang: Tarbiyah Dzatiyah: Jalan Sunyi Mendidik Diri, Insan Adabi, Dari Sakralisasi Hingga Islamisasi, Penanaman Nilai-Nilai Adab dalam Pendidikan Sains, Kemana Arah Pendidikan Kita?. 

Selanjutnya dalam Bagian ketiga bertema besar Islam dan Kehidupan, diuraikan di dalamnya: Lisan Cerminan Cara Pandang (menjaga lisan), Konsep keluarga Menurut Worldview Islam (al-Mujaddid Abu al-A’la al-Maududi), Kurikulum Madrasah Keluarga Islam (Dr. Adian Husaini), Akhlak Bermusyawarah (Prof. Yunahar Ilyas).

Bagian keempat bertema Nilai Pendidikan Islam Gontori terkandung di dalamnya: Khittah Pendidikan Gontor, Catatan Abdi Dalem Ma’rifat, Falsafah Ghurfatan Biyadihi, dan Makna Berpikiran Bebas dalam Panca Jiwa.

Buku ini cocok untuk siapa saja, khususnya para pengajar dan orang tua yang membutuhkan bimbingan dalam mendidik putra-putrinya di tengah derasnya arus globalisasi. 

Anda tertarik? Bisa memesan melalui: http://wa.me/+6285608811105

Testimoni Buku

https://alfuwisdoms.wordpress.com/2022/10/23/upaya-meredam-merebaknya-wacana-barat-yang-sekuler/ 

 

Kategori :