Naqsabandiyah Lebaran Minggu 1 Mei 2022, Malam Ini Sudah Takbiran

Sabtu 30-04-2022,18:45 WIB
Editor : Ismail F

PADANG (DiswayJateng)-- Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang akan lebaran besok. Mereka menggelar salat Idul Fitri pada Minggu (1/5) besok . Pelaksanaan ini lebih cepat dari penetapan pemerintah yang baru menggelar sidang isbat pada Minggu (1/5).

Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Padang Edizon Revindo mengatakan jamaah Naqsabandiyah sudah selesai melaksanakan salat tarawih terakhir pada Jumat (29/04). Malam ini sudah menggelar takbiran.

"Pada Minggu (1/5) kami menggelar salat Id, nanti malam kami akan takbiran, ini sudah kami tetapkan sejak awal Ramadan. Puasa kami juga sudah cukup 30 hari," kata dia.

Edizon menyebutkan, pelaksanaan ibadah puasa yang lebih awal dari pemerintah tersebut berdasarkan hitungan Hisab Qomariyah dalam Kitab Munjid.

Salah satu poin dalam kitab itu adalah permulaan puasa dihitung lima hari setelah awal puasa pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan kita tersebut, jemaah Naqsabandiyah akan selalu berpuasa selama 30 hari. "Jadwal ini biasanya berbeda dan lebih cepat dari penetapan pemerintah," terangnya.

Pelaksanaan salat Id akan dilaksanakan di tempat masing-masing jamaah Naqsabandiyah yang tersebar di Kota Padang dan daerah lainnya. Pelaksanaan Salat Idulfitri Pusat jemaah berada di musala Baitul Makmur, yang terletak di Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

"Lokasi salatnya banyak. Setiap musala yang alirannya Naqsabandiyah akan melaksanakan salat Idulfitri," katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait