Calon Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Turun Lapangan, Ada Apa?

Calon Duta  Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Turun Lapangan, Ada Apa?

TURUN LAPANGAN - Sebanyak 14 calon Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal diajak turun lapangan untuk mengetahui kondisi riil lingkungan hidup.Fito: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

SLAWI,jateng.disway.id - Selesainya tahap  I  seleksi kemampuan pengetahuan di bidang lingkungan hidup berakhir. Dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Tegal akhirnya  meloloskan 14 calon Duta lingkungan hidup. Untuk maju ke babak berikutya dari 59 calon yang sempat mengikuti seleksi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi melalui Kabid Penataan Lingkungan Taroyo  menyatakan, 14 calon Duta Lingkungan Hidup tersebut selanjutnya menjalani pembekalan lapangan untuk diberikan wawasan pengetahuan tentang bukti riil ligkungan hidup di Kabupaten Tegal.

Mereka dijak ke bagian hulu wilayah Kabupaten Tegal  dari Guci  hingga lereng Gunung Slamet. "Dengan harpaan mereka bisa melihat wilayah  Kabupaten Tegal dari ketinggian," ujarnya, Jumat (18/10/2024).

Nereka juga dibekali pengetahuan pengelolaan hutan lindung, sepadan sungai, perlindunganmata air, pengelolaan sampah hingga pengelolan  pariwisata. "Mereka juga kita ajak ke bagian tengah, yakni  Cacaban, TPAS Penujah hingga arena tambang tanah urukan di Penujah untuk melihat langsung potensi kerusakan alam di sana," cetusnya.

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Terpilih Program Pendampingan InSWA

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Fungsikan Taman Bungah Menjadi Ruang Bermain Ramah Anak

Setelah kegiatan ini, mereka  diharap bisa menganalisis permasalahan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Tegal. Serta diminta memunculkan ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Bentuk dari analisis tersebut adalam proposal rencana aksi selama 1 tahun ke depan bila mereka terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal. 

Nantinya, proposal tersebut dipresentasikan para calon Duta Lingkungan Hidup di hadapan tim juri pada tanggal 28 hingga 29 Oktober 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: