Polrestabes Semarang Gelar Operasi Zebra Candi 2024

Polrestabes Semarang Gelar Operasi Zebra Candi 2024

Polrestabes Semarang gelar apel operasi zebra candi 2024 di lapangan Polrestabes Semarang Senin 14 Oktober 2024-Istimewa/ Umar Dani -

SEMARANG, diswayjateng.id – Satlantas Polrestabes Semarang resmi memulai Operasi Zebra Candi 2024 pada Senin, 14 Oktober hingga Minggu, 27 Oktober 2024. 

Operasi ini dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, yang menekankan pentingnya menjaga keselamatan dan keselamatan berlalu lintas sebagai bagian dari persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Menurut Yunaldi, fokus utama operasi ini adalah tindakan preventif, preemtif, dan represif dengan pendekatan edukatif dan humanis.

“Selama dua minggu, pihak kepolisian akan memberikan edukasi di berbagai tempat strategis seperti sekolah, pasar, terminal, serta komunitas-komunitas, guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas” kata Yunaldi pada wartawan usai apel gelar pasukan di lapangan Polrestabes Semarang pada Senin 14 Oktober 2024.

Sebagai bagian dari kampanye keselamatan ini, Yunaldi mengimbau masyarakat untuk selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum berkendara, termasuk memeriksa komponen vital seperti rem, oli, lampu, serta memastikan kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK. 

Selain itu, pengemudi diingatkan untuk memperhatikan kondisi fisik agar tidak mengemudi saat merasa pusing atau lelah, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Operasi ini juga mengupayakan pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi, seperti penggunaan helm yang tidak sesuai standar, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, serta pelanggaran kelebihan muatan dan overdimension.

 “Kami ingin mengedukasi masyarakat agar lebih sadar akan keselamatan mereka sendiri dan pengguna jalan lainnya,” kata Yunaldi dengan tegas.

Dengan dilaksanakannya operasi ini, diharapkan angka kecelakaan dan fatalitas lalu lintas di Kota Semarang dapat berkurang secara signifikan. 

“Keselamatan adalah prioritas, dan tertib berlalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: