11 Cara Merawat Baterai Hp agar Tahan Lama

11 Cara Merawat Baterai Hp agar Tahan Lama

Simak 11 Tips Merawat Baterai HP Agar Lebih Tahan Lama-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAYJATENG.ID - Bagaimana tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama? Perawatan baterai sangat penting untuk memastikan perangkat kesayangan tetap berfungsi dengan baik. Agar Hp kamu tahan lama dan performanya tetap optimal, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Ponsel kini menjadi barang yang selalu kita bawa. Sekali saja tertinggal, pasti akan merepotkan. Namun, meskipun ponsel selalu ada di tangan, daya tahan baterainya juga harus kuat agar bisa digunakan sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama. 

Sayangnya, tidak semua ponsel memiliki daya tahan baterai yang baik. Baterai yang cepat habis bisa disebabkan oleh kinerja perangkat atau kebiasaan buruk yang kita lakukan. Untuk mengatasinya, simak tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama.

Sebenarnya, ada beberapa tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama. Intinya, kamu perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk menghemat daya dan mengubah kebiasaan yang dapat membuat baterai cepat habis. 

Bagi kamu yang ingin tahu tips baterai Hp lebih tahan lama, jangan khawatir. Mari kita simak beberapa tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama yang dilansir dari Telkomsel berikut ini.

BACA JUGA:Volume HP Naik Turun Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:8 Cara Menghemat Baterai Hp Android

Berikut adalah 11 tips merawat baterai Hp agar lebih tahan lama, diantaranya:

1. Jaga Suhu Baterai

Hindari meninggalkan ponsel di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Misalnya, jangan biarkan ponsel terpapar sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas. Suhu ekstrem dapat mempercepat kerusakan baterai.

2. Aktifkan Mode Hemat Daya  

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan mode hemat daya. Aktifkan mode ini ketika Anda merasa baterai mulai menipis. Mode hemat daya akan mengurangi aktivitas yang tidak penting dan memperlambat beberapa proses untuk memperpanjang umur baterai.  

3. Hindari Overcharging

Salah satu kebiasaan yang dapat merusak baterai adalah overcharging, yaitu membiarkan Hp terhubung ke charger meskipun baterai sudah penuh.  Meskipun banyak ponsel modern dilengkapi dengan fitur perlindungan, sebaiknya cabut charger segera setelah baterai mencapai 100%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: