6 Cara agar Kontak Tidak Disadap Pinjol Ilegal

6 Cara agar Kontak Tidak Disadap Pinjol Ilegal

cara agar kontak tidak disadap pinjol ilegal--foto brilio.net

Terdapat beberapa aplikasi yang memfasilitasi ponsel kalian memiliki dua aplikasi WhatsApp sekaligus. Ini akan membuat pinjol tidak curiga dengan kalian, sebab nomor yang terdaftar masih terlihat aktif.

Selain itu yang perlu diperhatikan yaitu jangan menggunakan KTP untuk registrasi ke nomor yang baru. Untuk menghindari kecurigaan pinjol jika kalian memiliki 2 kartu SIM. Pinjol bisa mengetahui dari kartu KTP yang terdaftar dalam kartu SIM.

BACA JUGA:6 Tips Jitu agar Kontak Tidak Disadap Pinjol Ilegal

BACA JUGA:6 Cara Amankan Kontak Pribadi dari Teror Pinjol Legal atau Ilegal

4. Cermati Syarat dan Ketentuan

Sebelum kalian mengambil pinjaman online, cara agar kontak tidak disadap pinjol ilegal berikutnya yaitu dengan cermati syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Kalian perlu membaca dan memahami persyaratan serta ketentuan yang diajukan dengan teliti.

Kalian tentu tergiur dengan persyaratan yang mudah, tetapi perlu memahami ketentuan yang diajukan oleh pihak pinjol. Jika ada ketentuan yang tidak lumrah atau berlebihan, ada baiknya mengurungkan niat untuk mengambil pinjol tersebut.

5. Jangan Berikan Akses ke Aplikasi

Ketika kalian menginstall aplikasi pinjaman online, hindari mengklik tombol “permission” yang artinya memberikan izin akses untuk masuk ke ponsel kalian. Kemudian kalian bisa langsung lanjut ke step berikutnya.

Data yang bisa di akses oleh pihak pinjol ketika kita memberikan izin akses yaitu data kontak, email, bahkan lokasi. Pastikan kalian tidak memberikan izin akses data ke Handphone-nya.

BACA JUGA:4 Tips Jitu Mengatasi Nomor Hp Dijadikan Kontak Darurat Pinjol Ilegal

BACA JUGA:4 Cara Mengatasi Nomor Hp Dijadikan Kontak Darurat Pinjol Ilegal

Jika terlanjur memberikan izin akses, maka kalian bisa mengatur ulang perizinan di Handphone. Kalian bisa membuka setting pada posel, kemudian pilih aplikasi pinjol yang sudah terinstall. Pada opsi perizinan terdapat beberapa daftar seperti kamera, kontak, dan lokasi kemudian menonaktifkan perizinan tersebut.

6. Bedakan Pinjol Resmi dan Tidak Resmi

Pinjol legal atau resmi terdaftar di OJK dan dalam pengawasan lembaga OJK, sehingga perlindungan konsumen sangat diperhatikan. Mereka memberikan informasi mengenai bunga dan denda sesuai dengan ketentuan. Selain itu, pinjol legal memiliki alamat kantor yang jelas, disurvei OJK dan bisa mudah ditemukan melalui penelusuran di Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: