6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi

6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi

cara menghentikan pinjol sebar data pribadi--foto ilmiah

Cara menghentikan pinjaman online atau pinjol sebar data pribadi yang bisa dilakukan yaitu segera melunasi semua tunggakan yang tersisa. Pada umumnya, ancaman penyebaran data nasabah dilakukan untuk mendesak nasabah untuk segera melunasi tunggakan beserta bunganya. Karena itu, kalian harus melunasinya terlebih dulu.

2. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian gunakan merupakan platfrom ilegal.

3. Hapus Izin Aplikasi Pinjaman Online

Cara menghentikan pinjol sebar data pribadi berikutnya yaitu dengan menghapus izin aplikasi pinjol alias pinjaman online. Jika data pribadi kalian sudah disalahgunakan, kalian dapat hapus data dan cache aplikasi HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko data pribadi kalian tersebar secara lebih meluas.

4. Lapor ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Kalian juga bisa melaporkan penyebaran data pribadi oleh pinjaman online ini ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) . Dengan begitu, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK bisa mengambil tindakan terhadap pinjaman online ilegal yang meresahkan tersebut.

BACA JUGA:3 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi, Bisa Langsung Dipraktikan Menggunakan HP

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Begini 3 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Paling Efektif

5. Buat Kesepakatan

Jika kalian belum bisa melunasi pinjaman dan bunganya, kalian bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjol alias pinjaman online tersebut mengenai cara penagihannya. Kalian bisa meminta keringanan dengan cara baik-baik dan membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa yang akan datang.

6. Lapor ke Kepolisian

Jika data kalian telah disebarkan oleh oknum pinjaman online ilegal, kalian juga bisa melaporkan ke pihak Kepolisian. Karena hal tersebut sudah termasuk tindakan yang melanggar hukum.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: