Pelajar Diberi Pengetahuan Tentang APBN

Pelajar Diberi Pengetahuan Tentang APBN

MENGAJAR - Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar 9 Tegal Yossef Ariyansyah mengajar dan memberi pengetahuan tentang APBN di salah satu di SMA Kota Tegal, Senin (7/10/2024).Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Untuk memperingati Hari Oeang ke-78, Kementerian Keuangan kembali menggelar program tahunan Kemenkeu Mengajar, yang tahun ini memasuki tahun kesembilan. Kemenkeu Mengajar sembilan diselenggarakan secara serentak di 326 sekolah di seluruh Indonesia, termasuk dua lokasi di wilayah Tegal, yaitu di SMA Negeri 3 Kota Tegal dan SMA Negeri 1 Slawi. Kegiatan ini juga dilaksanakan di jenjang SD hingga SMA, serta Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Tema yang diusung 'Peran APBN dalam mewujudkan Kesehatan, Kecerdasan, dan Kesejahteraan', Kemenkeu Mengajar bertujuan untuk memperkenalkan literasi keuangan negara, peran APBN. Serta profesi dan nilai-nilai yang diemban Kementerian Keuangan kepada para siswa. Program ini melibatkan para pegawai Kementerian Keuangan sebagai relawan pengajar, memberikan wawasan kepada siswa tentang pentingnya partisipasi APBN dalam pembangunan nasional, termasuk fasilitas kesehatan dan pendidikan.

BACA JUGA:Fosil Kera Raksasa Berusia 2 Juta Tahun Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

Di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, para siswa di SMA Negeri 3 Kota Tegal dan SMA Negeri 1 Slawi menyambut dengan antusias pelaksanaan kegiatan tersebut. Para siswa diajak belajar mengenai peran Kementerian Keuangan dalam mengelola anggaran negara, pentingnya partisipasi dalam pembangunan nasional, serta pentingnya pendidikan dalam membangun masa depan bangsa.

Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar 9 Tegal Yossef Ariyansyah menyampaikan melalui Kemenkeu Mengajar, pihaknya berharap anak-anak dapat memahami pentingnya literasi keuangan negara dan mengetahui peran APBN dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:KPU Batang Tarik 89 APK Paslon yang Hilangkan Kata Calon, Nilainya Segini

"Selain itu, kegiatan ini menjadi bentuk nyata kontribusi kami, insan Kementerian Keuangan, dalam membangun generasi muda yang cerdas dan berintegritas," katanya.

Program itu juga diharapkan dapat menginspirasi para siswa untuk terus belajar dan bersemangat meraih cita-cita mereka. Tentang Kemenkeu Mengajar merupakan program kerelawanan tahunan yang dimulai pada tahun 2016. 

BACA JUGA:Puluhan UMKM Kabupaten Tegal Ramaikan Pembukaan Pameran Temporer Wanara Seba

"Program tersebut telah menjadi bagian dari upaya Kementerian Keuangan dalam memperkenalkan peran APBN dan keuangan negara kepada generasi muda. Pada tahun 2019, Kemenkeu Mengajar meraih rekor MURI sebagai program kerelawanan ASN pertama di Indonesia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: