Hari Batik Nasional, 1.500 Warga Kota Pekalongan Upacara hingga Flash Mob Pakai Batik

Hari Batik Nasional, 1.500 Warga Kota Pekalongan Upacara hingga Flash Mob Pakai Batik

HARI BATIK NASIONAL: Peringatan Hari Batik Nasional di kawasan Jetayu depan Musem Batik Pekalongan, Rabu 2 Oktober 2024.--Bakti Buwono/ jateng.disway.id

PEKALONGAN, jateng.disway.id - Peringatan Hari Batik Nasional tampak meriah di kawasan Jetayu, tepatnya di depan Museum Batik, Kota Pekalongan,  Rabu 2 Oktober 2024. 

Ribuan orang mulai dari aparatur sipil negara (ASN), komunitas, pelajar, Dharma Wanita Persatuan, TP PKK, dan Komunitas Kebaya Indonesia (KKI) Pekalongan, mengikuti upacara dengan variasi kostum batik di Hari Batik Nasional. Totalnya 1.500 orang.

Usai upacara, para peserta upacara Hari Batik Nasional melakukan flashmob sejenak.

"Peringatan Hari Batik turut membantu roda perekonomian dari sektor batik  serta sesuai tagline Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekalongan yaitu Mina Batik berarti mengembalikan kejayaan perikanan dan terus melestarikan industri batik," kata Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Nur Priyantomo, Rabu 2 Oktober 2024.

BACA JUGA: 4 Simpatisan Fadia-Sukirman Korban Ricuh Pilbup Pekalongan Lapor Polisi

BACA JUGA:Peringati Hari Batik Nasional, 40 Orang Membatik Bersama Desainer

Ia menyebut roda perekonomian berputar karena berbagai acara peringatan HBN 2024.

Yaitu Pekalongan Batik Carnival pada 11 Oktober 2024, Pagelaran Wayang Milenial di tanggal 5 Oktober 2024 dan kegiatan lain sebagainya yang bisa di lihat melalui instagram @ticpekalongan.

Berbagai kegiatan itu adalah upaya Pemerintah Kota Pekalongan dalam mengenalkan batik kepada masyarakat serta menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kain batik.

Salah satu peserta flashmob berbatik dari KKI Pekalongan, Paula Wiwit Harsiwi senang bisa ikut kegiatan.

Meski memakai kebaya dipadupadankan dengan rok batik, ia tidak kesulitan.

"Kebaya ini bisa di mix and match dengan kain batik pasti akan menambah modis dengan mengutamakan kearifan lokal yang ada,"pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: