8 Cara Hadapi Teror DC Pinjol

8 Cara Hadapi Teror DC Pinjol

tips hadapi teror dc pinjol--foto poskota

Mintalah DC untuk menunjukkan identitasnya dan memberikan bukti bahwa dia benar-benar merupakan penagih utang resmi. Kalian memiliki hak untuk mengetahui identitas dan perusahaan yang diwakili. Ini penting untuk memastikan bahwa kalian berurusan dengan pihak yang sah.

5. Tetap Tenang

DC pinjol sering kali menggunakan nada intimidasi dan ancaman untuk menekan nasabah. Meski kalian merasa tidak pernah menggunakan layanan pinjol, mereka bisa saja terus meneror. Yang terpenting yaitu tetap tenang dan jangan panik. Sikap tenang membantu menghadapi situasi ini dengan lebih baik.

6. Kenali Hak sebagai Nasabah

Sebagai nasabah, kalian memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan sesuai aturan yang berlaku. Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 18/POJK.01/2018 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, penagihan utang harus dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak merugikan nasabah. DC wajib memberikan informasi yang jelas dan benar mengenai jumlah utang, bunga, biaya, dan jangka waktu pelunasan.

BACA JUGA:Berikut 6 Cara Menghadapi Teror DC Pinjol lewat Pesan WA

7. Batasi Akses

Jika kalian merasa terganggu atau tidak nyaman dengan kunjungan DC tersebut, kalian berhak menolak akses ke rumah. Sampaikan bahwa kalian bersedia berbicara pada jam kerja yang wajar. Ini bisa membantu mengurangi tekanan dan intimidasi yang dirasakan.

8. Kumpulkan Bukti-Bukti

Tips hadapi teror DC pinjol berikutnya yaitu pastikan mengumpulkan seluruh bukti yang kuat, seperti rekaman telepon, pesan chat, atau video dari DC. Bukti-bukti ini akan sangat berguna jika kasus ini dibawa ke ranah hukum.

Itulah beberapa informasi seputar tips hadapi teror DC pinjol yang dapat kalian lakukan dan terapkan untuk menghindari dari tindakan intimidasi dan risiko lainnya. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: