Bawang Putih Program Kementan Tidak Kalah dengan yang Impor

Bawang Putih Program Kementan Tidak Kalah dengan yang Impor

PANEN - Direktur Tanaman Sayuran dan Obat Kementerian Pertanian RI potong tumpeng saat panen raya bawang putih.Foto:M Ridwan/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Hasil Panen raya bawang putih program wajib tanam dari Kementerian Pertanian RI di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari tidak kalah kualitas dibanding bawang putih impor.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Tanaman Sayuran dan Obat Kementerian Pertanian RI Andi Muhammad Idil Fitri saat panen raya bawang putih di Kabupaten Pemalang  yang juga terkenal dengan penghasil buah Nanas Madu.

“Bawang putih yang dipanen di Pemalang sizenya tidak kalah dengan bawang putih impor,” jelasnya.

BACA JUGA:Sekjen PDIP Beberkan Strategi Menang di Pilkada Jateng

Andi mengatakan, dari segi ukuran bawang putih yang di panen di Pemalang, hampir sama dengan bawang putih impor, apalagi rasa yang jelas lebih menyengat dan lebih di sukai oleh penikmat bawang putih.

"Pengembangan bawang putih banyak tantangannya, namun masih berkompetitif, selain itu penguasaan teknologi juga masih terbatas," terang Andi.

Untuk itu, lanjutnya, Kementan RI sudah mendorong serta membantu sesuai dengan perantaraan lewat mitra Kementerian.

“Bahkan Kementerian melalui peraturan Menpan Nomor 47 tahun 20199 tentang pengembangan hotikultura strategis mengamanatkan pelaku usaha impor bawang putih, menerima rekomendasi impor produk holtikultural,” imbuhnya.

BACA JUGA:Sertijab Kapolsek Petarukan Polres Pemalang

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutan yang di bacakan Asisten II Sekda Agus Ikhmaludin menyampaikan bahwa program tanam bawang putih yang ada di Kabupaten Pemalang, merupakan program wajib tanam bawang putih dari Kementan RI.

“Program ini dilaksanakan dengan luas tanah 6 hektar, lahan, dengan bantuan dari Kementan yaitu bibit varietas 1 TB sebanyak 4,8 ton, pupuk NPK 1,5 ton, dan mulsa plastik PHP 60 rol, ” kata Agus.

BACA JUGA:PCNU Kota Tegal Masa Khidmat 2024-2029 Dilantik

Kades Clekatakan Sutrisno mewakili para petani di Desa Clekatakan mengucapkan rasa syukur dengan adanya komoditas baru pertanian berupa Bawang Putih ini. Ia berharap bawang putih ini mampu memberi peningkatan kesejahteraan bagi warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: