SMPIT Luqman Al Hakim Slawi Adakan Sekolah Orang Tua

SMPIT Luqman Al Hakim Slawi Adakan Sekolah Orang Tua

ANTUSIAS – Wali murid kelas VII SMPIT LH antusias mengikuti SOTA.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - SMPIT Luqman Al Hakim Yayasan Ulin Nuha  menggelar Sekolah Orang Tua (SOTA) untuk pertama kalinya di Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini khusus wali murid kelas VII dan dilaksanakan di aula Sekolah  Mulai pukul 09.00 hiangga 11.00 WIB.

Kepala SMPIT LH Anita Triyastuti SSi  menyatakan, kegiatan kali ini mengusung tema 'Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak' yang dikupas tuntas oleh Siti Subdari SPdI. "Dari kegiatan ini, diharapkan  anak-anak  menjadi lebih baik dan antara siswa serta orang tua harus sama-sama mendapatkan pembinaan," ujarnya.

BACA JUGA:Peringatan HUT ke-79, PMI Kota Tegal Gelar Upacara dan Apel Bersama

SMPIT Luqman Al Hakim selalu memberikan wadah untuk orang tua dalam menambah wawasan cara mendidik anak (ilmu parenting). Tujuan kegiatan ini adalah agar sinergi dalam membentuk karakter anak di sekolah dan rumah.

Narasumber dalam paparannya memaparkan beberapa hal, diantaranya orang tua harus memberikan perhatian kepada anak-anaknya agar tidak berperilaku menyimpang dari norma agama. Tidak memberikan Hp untuk hal yang tidak penting,  memposisikan orang tua sebagai sahabat dan mendampingi anak. 

BACA JUGA:Kasus PPDS Anestesi Undip, Pengacara Keluarga dr. Aulia: InsyaAllah 20 Hari ke Depan Akan Ada Tersangkanya

Menurutnya, pendidikan yang paling utama adalah ketika anak                        berada di rumah bersama orang tua. Interaksi dapat dilakukan saat anak mau tidur atau sepulang sekolah. Agar anak mau bercerita secara terbuka kepada orang tua. Karakter itu muncul bisa dari natur (gen) dan narture (lingkungan).

Karakter yang bagus membangun keterhubungan dalam hal pengetahuan, moral felling, moral behavior, orang tua menjadi contoh untuk anak. Harus mengenali anak kita, sifat, kebiasaan dan sebagainya. “Tidak membandingkan anak kita dengan anak lain dan terima anak kita sesuai dengan kemampuannya, pahami karakter yang akan di bentuk pada anak," ungkapnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tegal Launching Buku Kaleidoskop Kerja Pengawas Ad-hoc Pemilu 2024

Sekolah dan lingkungan itu harus berkesinambungan. Sekolah yang Islami dan dibentuk dengan karakter yang bagus harus dibarengi dengan lingkungan yang mendukung. Orang tua itu harus bisa menjadi rumah yang nyaman bagi anak-anak. Jadilah ayah ibu yang nyaman dan mau bercerita, bangun hubungan yang hangat dengan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: