8 Klenteng di Semarang Ikuti Kirab Tiong Jiu

8 Klenteng di Semarang Ikuti Kirab Tiong Jiu

Sejumlah warga mengikuti kitab Tiong Jiu atau berterimakasih kepada dewa bumi saat melintasi jalan Gang Warung, Kawasan Pecinan, Kota Semarang, Selasa (17/9)--

DISWAYJATENG.ID, SEMARANG - Ratusan umat Tri Darma dari beberapa daerah berkumpuk di Klenteng Besar TITD Tay Kak Sie, jalan Gang Lombok, Kawasan Pecinan, Kota Semarang untuk mengikuti kirab Tiong Jiu atau perayaan berterima kasih kepada Dewa Bumi atau Hok Tek Cin Sin.

Kirab tersebut dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 15 bulan delapan kalender Imlek. Dengan mengarak Dewa Bumi dari Klenteng tertua di Semarang, Siu Hok Bio di jalan Wot Gandul Timur.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Gelontorkan 29 Unit Sepeda Motor Puskesling

Kepala Operasional Tay Kak Sie, Andre mengatakan ritual dilakukan sejak pagi dini hari dari klenteng tuan rumah Siu Hok Bio dan akan diarak kembali dengan berkeliling Pecinan.

"Untuk acara ini kebetulan tuan rumah dari Klenteng Siu Hok Bio dan sudah dilakukan prosesi arak-arakan pada pagi hari tadi pukul 05.00 wib", ungkap Andre kepada wartawan diswayjateng.id, Selasa (17/9/2024).

Ia menjelaskan acara tersebut juga dihadiri sebanyak delapan klenteng dari Semarang dan luar kota dengan membawa dewa bumi dan pengawalnya masing-masing.

BACA JUGA:Dinkes Kabupaten Tegal Borong Penghargaan

"Ada dari Tegal dan Lasem, mereka membawa dewa bumi dan pengawalnya. Sedangkam untuk tuan rumah Siu Hok Bio membawa tiga tandu yakni dewa bumi, pengawal dan harimau", jelas Andre.


Sementara itu, salah satu Pembina T.T.I.D Tri Murti Lasem, Rudi Hartono mengungkapkan, pihaknya membawa 50 orang. Selain membawa Kong Co Hik Tek Tjeng Sien atau Dewa Bumi yang berasal dari Kelenteng Gie Yong Bio Lasem, pihaknya juga membawa tetabuhan untuk merayakan Tiong Jiu dari Kelenteng Siu Hok Bio Semarang. "Kami datang dari kemarin, sukses kirab di Siu Hok Bio Semarang," jelasnya.

BACA JUGA:Antam Luncurkan Gift Series untuk Ibu Hamil


Kirab kembali dilanjutkan dari Tay Kak Sie menuju Siu Hok Bio melintasi jalan Gang Warung pada pukul 13.30 wib. Dengan rangkaian drumband dari SMK Negeri Jawa Tenga dikuti rombongan pembawa dewa bumi dengan sosok patung pengawal dan atraksi liong serta barongsai berkeliling kawasan Pecinan, Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: