896 Mahasiswa Baru Poltek Harber Tegal Ikuti PKKMB Tahun 2024

896 Mahasiswa Baru Poltek Harber Tegal Ikuti PKKMB Tahun 2024

MEMBUKA - Direktur Poltek Harber Tegal Agung Hendarto membuka PKKMB tahun 2024.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Sebanyak 896 mahasiswa mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota TEGAL. Mereka dikenalkan dengan kehidupan kampus dan berbagai kegiatanya. Supaya terbentuk menjadi mahasiswa yang memiliki karakter dan prestasi.

"Kami ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Politeknik Harapan Bersama Tahun 2024. Selamat datang di politeknik swasta terbaik di Indonesia,  selamat datang calon pemimpin bangsa," kata Direktur Poltek Harber Tegal Agung Hendarto.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Apresiasi Respon Cepat Orari

Agung mengungkapkan, mahasiswa sebagai agen of change atau perubahan  mempunyai arti bahwa, mahasiswa mempunyai peran sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Dalam konteks ini, mahasiswa dianggap memiliki potensi dan tanggung jawab untuk mempengaruhi serta memperbaiki  lingkungan sekitar. Saat mahasiswa menjadi bagian dari masyarakat ilmiah yang disebut dengan Sivitas 

Akademika. Sivitas Akademika itu, terdiri atas dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang akan menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan, menyampaikannya dalam 

pembelajaran, serta mengamalkannya melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian  masyarakat atau yang biasa disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Dengan demikian, mulai saat ini, saudara semua hendaknya dapat berpikir, berperilaku dan berinteraksi sebagai orang dewasa, yaitu, orang yang sadar akan dirinya, yang bertanggung jawab atas diri dan juga bertanggungjawab terhadap masa depannya," ungkapnya.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Kawal Bantuan Provinsi Untuk Korban Bencana

Agung menyampaikan, memasuki  perguruan tinggi  bukan hanya tempat mencari ilmu, namun disinilah tempat pembangunan karakter. Sebagai mahasiswa hendaknya menyadari, semua akan selalu dinilai dan diperhatikan terkait perilaku dan karakter sebagai insan di sebuah Institusi Pendidikan di strata yang paling tinggi. Oleh karena itu, semua harus memperhatikan dalam bertutur kata, berpenampilan, bergaul maupun dalam berperilaku. 

Sehingga diharapkan para mahasiswa khususnya mahasiswa baru mampu memilah dan memilih dalam bergaul, menerima ajaran, pemikiran, kelompok maupun gerakan, serta menghindari hal-hal yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

Kampus yang berada sebuah kota kecil seperti Tegal, tak menjadi halangan untuk kita  terus berkembang, sudah banyak prestasi baik nasional maupun internasional yang telah diraih.

BACA JUGA:Akhir September, Program RTLH Selesai

"Saat ini Poltek Harber Tegal menduduki peringkat pertama politeknik swasta se-Indonesia versi  Webometrics dan SINTA Kemendikbudristek. Kakak tingkat saudara saat ini ada yang sedang  magang di Hungaria, ada juga yang sudah bekerja di Jepang, serta negara-negara lainnya," ujarnya.

Hal itu mengandung makna bahwa meskipun memiliki akar dan identitas yang kuat di tingkat lokal, visi tidak terbatas hanya pada skala tersebut. Mahasiswa baru dapat merasakan dan mengadopsi semangat global yang ada di kampus Poltek Harber, dan sebagai tempat untuk mempersiapkan diri dalam mencapai pencapaian yang lebih besar di dunia internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: