6 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Paling Efektif

6 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Paling Efektif

tips menghindari pinjol ilegal yang paling efektif--foto beritasatu.com

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa platform tersebut memiliki reputasi yang baik dan memiliki izin yang sah dari OJK. Cari tahu ulasan dan pengalaman orang lain dengan platform tersebut sebelum memutuskan untuk meminjam uang.

5. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian gunakan yaitu platform ilegal.

6. Pastikan Lembaga Keuangan Telah yang Terdaftar

Tips menghindari pinjol ilegal selanjutnya yaitu harus pastikan mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko pinjol ilegal yang menyebarkan data pribadi.

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal 

1. Lapor ke Polisi

Jika kalian menjadi korban penyebaran data pinjol, jangan ragu untuk membuat laporan ke polisi. Sebab, tindakan tersebut pada dasarnya memang telah melanggar hukum. Sertakan berbagai bukti yang valid untuk mendukung laporan agar kasus bisa langsung ditangani.

2. Hapus Izin Aplikasi Pinjol

Kalian bisa hapus data dan cache aplikasi di HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko data pribadi tersebar secara lebih meluas.

3. Lunasi Pinjaman

Salah satu cara termudah untuk menghentikan pinjol ilegal yang menyebarkan data yaitu dengan membayar pinjaman hingga lunas. Tentunya, kita perlu menyiapkan uang sebanyak jumlah pinjaman ditambah bunganya.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

4. Buat Kesepakatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: