9 Cara Melunasi Utang Pinjol

9 Cara Melunasi Utang Pinjol

cara melunasi utang pinjol tanpa terjebak dalam siklus utang --foto swa

DISWAY JATENG.ID - Terjerat utang pinjaman online menjadi beban tersendiri bagi yang mengalaminya. Apalagi dengan segala kemudahan yang ditawarkan perusahaan pinjol saat ini, sehingga memudahkan untuk mengajukan tanpa berpikir bagaimana cara melunasi utang pinjol tersebut. 

Di Indonesia saat ini pinjol makin menjamur, baik yang resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun ilegal. Namun, kemudahan yang ditawarkan bahkan memunculkan polemik baru yaitu kemunculan orang-orang galbay atau terjebak dalam cicilan pembiayaan. Untuk itu, perlu ketahui cara melunasi utang pinjol dengan cepat.

Solusi yang seringkali berdampak buruk karena akhirnya menggunakan metode gali lubang tutup lubang ini menemui jalan buntu. Namun, cara melunasi utang pinjol tanpa terjebak dalam siklus utang dapat dilakukan dengan manajemen finansial yang tepat dan teratur. 

Dibawah ini ada beberapa cara melunasi utang pinjol tanpa terjebak dalam siklus utang yang berkepanjangan menjadi solusi tepat buat kalian lakukan. 

BACA JUGA:7 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bunga dan Denda

Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Terjebak Dalam Siklus Utang 

1. Buat Anggaran Ketat dan Kurangi Pengeluaran 

Penting untuk membuat anggaran yang ketat dan memotong pengeluaran yang tidak perlu. Dengan cara ini dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk membayar utang tanpa menambah utang baru.

Buat anggaran keuangan yang realistis dan terperinci. Identifikasi sumber pendapatan dan alokasikan dana untuk kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan tagihan rutin. Sisihkan sebagian dana untuk melunasi utang pinjol secara bertahap.

2. Prioritaskan Pinjaman dengan Bunga Tertinggi 

Pada saat membuat rencana pembayaran, fokuslah pada melunasi pinjaman dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, kalian bisa mengurangi jumlah bunga yang harus dibayarkan secara keseluruhan, membantu menghemat uang dalam jangka panjang.

Prioritaskan pembayaran utang pinjol di antara kewajiban keuangan lainnya. Hindari menunda pembayaran supaya tidak terkena bunga tambahan. Fokus pada pelunasan utang agar segera mendapatkan finansial yang lebih sehat. 

3. Evaluasi Total Utang Pinjol 

Cara melunasi utang pinjol berikutnya yaitu memahami secara jelas berapa jumlah utang yang harus dilunasi. Periksa kontrak pinjaman dan identifikasi jumlah pokok utang serta bunga yang dikenakan. Dengan pemahaman yang baik kalian bisa membuat rencana pembayaran yang efektif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: