Keunggulan Menggunakan Paylater, Pahami Juga Kekurangannya

Keunggulan Menggunakan Paylater, Pahami Juga Kekurangannya

Keunggulan menggunakan aplikasi paylater -Finansial Bisnis-

DISWAYJATENG.ID - Paylater telah menjadi salah satu metode pembayaran yang semakin populer dalam transaksi online. Banyak keunggulan menggunakan aplikasi paylater yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Salah satu keunggulan menggunakan aplikasi paylater, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk terlebih dahulu dan membayarnya kemudian sesuai tenggat waktu yang ditentukan, mirip dengan sistem cicilan konvensional.

Keunggulan menggunakan aplikasi paylater memang beragam. Namun, banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan paylater dibandingkan aplikasi pinjaman yang lainnya. Namun, perlu juga untuk memahami apa saja kekurangan menggunakan paylater.

Keunggulan menggunakan aplikasi paylater tentu juga disimpulkan dari data yang didapatkan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo pada tahun 2022, paylater menempati posisi ketiga sebagai fitur yang paling banyak digunakan setelah transfer bank (virtual account) dan e-wallet.

Bahkan, 56% konsumen e-commerce dilaporkan telah menggunakan fitur ini. Data dari CNN Indonesia juga menunjukkan bahwa perempuan mendominasi penggunaan paylater di Indonesia, mencapai 67,2% dari total pengguna.

Meskipun banyak keunggulan menggunakan aplikasi paylater yang bisa didapatkan, fitur ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai pro dan kontra penggunaan paylater.

BACA JUGA:Aturan Denda Telat Bayar Spaylater, GoPay Later, dan Kredivo

Keunggulan menggunakan aplikasi paylater meliputi:

1. Kemudahan dan efisiensi

Proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien melalui sistem online. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi fintech atau e-commerce yang menyediakan fitur paylater.

2. Solusi untuk kebutuhan mendesak

Paylater dapat membantu memenuhi kebutuhan mendesak, terutama saat kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan.

3. Promo menarik

Salah satu keunggulan menggunakan aplikasi paylater yang mungkin banyak disukai pengguna adalah karena banyak promo yang menarik. Seringkali, penggunaan paylater disertai dengan berbagai promo seperti diskon atau cashback, menjadikannya lebih menarik dibandingkan metode pembayaran langsung.

BACA JUGA:Penting! Inilah Risiko Jasa Gestun Paylater

Namun, paylater juga memiliki beberapa kelemahan:

1. Bunga tinggi

Berbeda dengan kartu kredit, paylater umumnya mengenakan bunga pada setiap transaksi, terlepas dari ketepatan waktu pembayaran.

2. Risiko membangun kebiasaan berutang

Kemudahan yang ditawarkan paylater dapat mendorong pengguna untuk terbiasa berutang, yang dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan jika tidak dikelola dengan baik.

3. Keamanan data

Penggunaan paylater seringkali mensyaratkan pemberian data pribadi, yang dapat berisiko jika terjadi kebocoran data.

4. Mendorong perilaku impulsive

Kemudahan bertransaksi dengan paylater dapat meningkatkan kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsif tanpa perencanaan yang matang.

Meskipun banyak keunggulan menggunakan aplikasi paylater yang bisa dirasakan oleh para pengguna, namuan sebaiknya tetaplah menghindari pinjam meminjam untuk mencegah hal buruk yang bisa terjadi di masa mendatang.

Untuk menggunakan paylater secara bijak, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal:

BACA JUGA:Cara Kerja Gestun Limit Kredit dan Paylater

1. Evaluasi kebutuhan

Pastikan bahwa barang yang dibeli benar-benar diperlukan dan bukan sekadar keinginan sesaat. Pastikan utamakan lebih dulu prioritas kebutuhan.

2. Perhatikan bunga dan biaya

Pahami dengan baik bunga dan biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi paylater. Jangan sampai terjerat pada aplikasi dengan bunga yang tinggi.

3. Atur anggaran

Tetapkan batas penggunaan paylater dalam anggaran bulanan untuk menghindari overutilisasi. Pastikan pendapatan yang cukup untuk membayar.

4. Prioritaskan pembayaran tepat waktu

Hindari penalti dan akumulasi bunga dengan selalu membayar tagihan paylater tepat waktu. Jangan sampai telat melakukan pembayaran karena bisa menimbulkan denda.

Dengan memahami pro dan kontra penggunaan paylater serta memiliki perlindungan finansial yang memadai, diharapkan konsumen dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mencapai stabilitas finansial jangka panjang.

Penting untuk diingat bahwa setiap keputusan finansial, termasuk penggunaan paylater dan pemilihan asuransi, harus didasarkan pada pertimbangan yang matang dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan masing-masing individu.

Setelah mengetahui keunggulan menggunakan aplikasi paylater dan kekurangannya, pastikan lebih pandai dan bijak dalam mengelola keuangan, sebaiknya hindari pinjaman jika tidak begitu membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: