Cara Mengamankan Kontak Pribadi dari Pinjaman Online

Cara Mengamankan Kontak Pribadi dari Pinjaman Online

Inilah Cara Mengamankan Kontak Pribadi Dari Jeratan Pinjaman Online -Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAYJATENG.ID - Cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjaman online. Pinjaman online, yang sering disingkat pinjol, menjadi pilihan banyak orang ketika membutuhkan dana mendesak. Hal ini disebabkan oleh syarat-syarat yang biasanya mudah dipenuhi, sehingga dana dapat segera dicairkan.

Popularitas pinjol semakin meningkat, bahkan muncul pinjol yang tidak terdaftar atau tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang seharusnya menjadi perhatian serius. Oleh karena itu perlunya waspada dan mengetahui cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjaman online agar tidak di salahgunakan.

Pinjol yang tidak resmi ini dikenal dengan cara penagihan yang sangat agresif terhadap nasabah yang mengalami kesulitan dalam membayar. Para penagih utang dari pinjol ilegal ini tidak hanya akan menghubungi kamu, tetapi juga akan menghubungi semua kontak yang ada di ponselmu. Ketahui cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjaman online agar aman.

Karena mereka akan menelepon setiap nomor yang terdaftar di Smartphone kamu, bukan hanya kontak darurat saja. Jika situasi ini terjadi, kamu tidak hanya akan menghadapi masalah cicilan, tetapi juga hubunganmu dengan orang-orang yang ada di daftar kontak ponselmu akan terganggu. Yuk simak ulasan cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjaman online dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Cara Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal

Berikut ini cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjol :

1. Jangan Berikan Akses ke Aplikasi

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi data kontak dari aplikasi pinjaman online adalah dengan tidak memberikan izin akses terhadap kontak dan informasi lainnya. Saat kamu menginstal aplikasi, sistem akan meminta akses ke beberapa informasi di ponselmu.

Apabila kamu memberikan izin kepada aplikasi, sistem akan dapat mengakses data kontak yang ada di ponselmu. Data tersebut dapat digunakan oleh penyedia pinjaman online sebagai kontak darurat yang dapat dihubungi jika terjadi masalah dalam pembayaran.

Umumnya, informasi yang diambil oleh aplikasi pinjaman online mencakup daftar nomor kontak, alamat email, lokasi, atau akun media sosial. Setiap data kontak yang tersimpan di ponsel dapat diakses dan dibaca oleh aplikasi pinjaman.

Jika kamu sudah memberikan izin akses, kemungkinan besar kontak yang ada di ponselmu telah diambil oleh pihak pinjaman online dan disimpan di server mereka. Kamu tidak akan dapat melakukan tindakan lebih lanjut.

Pengaturan Aplikasi :

Masuk ke pengaturan perangkat dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi."

Pilih aplikasi pinjaman online yang ingin kamu atur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: