6 Cara Menghapus Data Pribadi saat Terjebak Pinjaman Online

6 Cara Menghapus Data Pribadi saat Terjebak Pinjaman Online

Perhatikan! 6 Cara Menghapus Data Pribadi Saat Terjebak Pinjaman Online-Tangkapan layar diswayjateng.id-

5. Factory reset

Langkah berikutnya adalah melakukan factory reset atau pengaturan ulang pabrik. Metode ini cukup efektif untuk mencegah kebocoran data dari aplikasi pinjol. Dengan melakukan reset, tidak ada data di ponsel Anda yang dapat diakses oleh pihak luar.

Namun, perlu diingat bahwa mereset ponsel ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data yang tersimpan, termasuk informasi penting. Pastikan untuk melakukan backup data penting sebelum melakukan factory reset.

BACA JUGA:Tips Cerdas Menghindari Pinjol Ilegal

6. Lapor OJK

Langkah terakhir yang dapat Anda ambil adalah melaporkan penyalahgunaan data pribadi Anda kepada OJK. OJK akan menerima laporan terkait pinjaman online yang ilegal. Dengan laporan yang Anda berikan, penelusuran dan tindakan lebih lanjut dapat dilakukan.

Berikut adalah kontak resmi OJK yang dapat Anda hubungi untuk melaporkan penyalahgunaan data aplikasi pinjol: Situs resmi OJK di ojk.go.id, alamat email OJK di [email protected], WhatsApp OJK di nomor 081-157-157, dan kontak resmi OJK di nomor 157.

Demikian ulasan mengenai cara menghapus data pribadi saat terjebak pinjaman online. Waspadalah saat Anda ingin meminjam pinjaman online di berbagai platform media sosial, pastikan pinjaman online yang Anda pilih sudah terdaftar dan resmi OJK. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: