Pemkab Tegal Raih Penghargaan UHC Award 2024

Pemkab Tegal Raih Penghargaan UHC Award 2024

TERIMA PENGHARGAAN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah (kiri) saat menerima penghargaan UHC Award 2024 di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII).Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal meraih penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Awards Tahun 2024 untuk kategori Pratama. 

Penghargaan ini diterima langsung Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dari Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

UHC Awards merupakan wujud apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA:Staf Khusus BPIP: Mari Keluar dari Mentalitas Manusia Terjajah

Adapun syarat untuk mendapatkan penghargaan ini, daerah harus mampu mencapai cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 95 persen dari jumlah penduduk.

Adapun tingkat kepersertaan program JKN Kabupaten Tegal tahun 2024, sebagaimana disampaikan Pj Bupati Agustyarsyah usai acara, angkanya mencapai 96 persen penduduk.

Menurutnya, sekalipun telah berhasil meraih UHC Award 2024, capaian 96 persen UHC di Kabupaten Tegal belumlah optimal. Perlu perjuangan dan afirmasi kebijakan untuk mencapai angka 100 persen di akhir tahun ini ataupun di tahun depan.

BACA JUGA:HMP Mesin Poltek Harber Tegal Adakan Workshop Peran TeFa di Perguruan Tinggi Vokasi

“Capaian ini tentunya bukan saja harapan BPJS Kesehatan, tapi juga harapan setiap pemerintah daerah dan warganya supaya semua lini pelayanan kesehatan baik itu klinik, puskesmas, rumah sakit tercover BPJS, sehingga di sini masyarakat mendapatkan kemudahan layanan kesehatan,” kata Agustyarsyah.

Upaya selanjutnya yang akan ditempuh Pemkab Tegal untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas layanan kesehatan semesta adalah menyiapkan dukungan anggaran.

“Untuk bisa mencapai UHC 100 persen, kita masih butuh anggaran kurang lebih Rp1,5 miliar lagi. Dan tentunya ini akan kita upayakan agar semuanya (penduduk) bisa tercover,” ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang segera Bentuk Satgas Tawuran

Dia berharap, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk terus mencari dan memastikan perolehan data warganya yang belum terlayani BPJS Kesehatan. Mereka yang belum ter-cover BPJS bisa segera dimasukkan ke database untuk selanjutnya dibantu atau difasilitasi Pemkab Tegal. Sehingga perjuangan selanjutnya, selain perolehan data juga anggaran.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada 33 gubernur dan 460 bupati dan wali kota yang telah berhasil meraih predikat UHC Award 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: