6 Alasan Pebisnis Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

6 Alasan Pebisnis Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

pinjaman modal usaha tanpa jaminan --foto moka pos

Bagi bisnis yang baru merintis atau pemilik UMKM, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan menjadi masalah yang harus ditangani secepatnya. Keterbatasan dana dalam cost produksi seperti pembayaran vendor, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, serta biaya-biaya lain seringkali tak bisa menunggu. Untuk mencegah banyaknya biaya yang harus ditutupi, maka kalian bisa mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas keuangan.

4. Berdampak Positif dengan Meminimalisir Tindakan PHK tenaga kerja

Selain dari mencegah kebangkrutan, pinjaman modal usaha juga akan berguna untuk meminimalisir tindakan PHK tenaga kerja. Yang berarti, bisnis UMKM kalian akan membantu membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan lingkungan sekitar agar rantai bisnis tetap terjaga dengan baik.

5. Dukung Ekonomi Bangkit dengan Ekspansi Bisnis

Tidak seperti lembaga keuangan konvensional yang menetapkan sejumlah syarat tertentu yang terkadang memberatkan pihak peminjam, akses permodalan melalui fintech bisa lebih mudah, cepat dan biasanya juga tanpa jaminan.

Salah satu fintech yang menghadirkan pinjaman tanpa modal yaitu Amartha. Hingga saat ini Amartha telah berhasil menghubungkan investor dan mitra usaha UMKM dengan total dana tersalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp20.9 Triliun di periode Juni 2024 dengan lebih dari 2,454 juta usaha mikro telah diberdayakan.

BACA JUGA:Ketahui 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Pasti Cair, Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

Mengenal Lebih Jauh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman yang dijaminkan biasanya berupa aset seperti properti atau aset berwujud berharga lainnya yang akan disimpan oleh lembaga keuangan untuk jaminan sebagai pemberi pinjaman. 

Ketika perbankan menawarkan pinjaman kepada nasabah, umumnya akan diminta jaminan. Hal ini bertujuan saat nasabah sebagai pihak peminjam dana tidak bisa mengembalikan uang yang dipinjamkan secara tepat waktu, maka pihak bank mempunyai hak hukum untuk menyita jaminan yang disepakati sesuai perjanjian. 

Itulah beberapa informasi seputar alasan pelaku bisnis membutuhkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang dapat kalian ketahui dan perhatikan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: