Ini Dia 3 Cara Membersihkan Blacklist SLIK OJK 2024

Ini Dia 3 Cara Membersihkan Blacklist SLIK OJK 2024

cara membersihkan blacklist slik ojk --foto liputan sbm

DISWAY JATENG - BI checking atau yang saat ini disebut SLIK OJK merupakan hal yang penting saat peminjam ingin mengajukan pinjaman. Jika kalian memiliki riwayat kredit yang jelek, penting ketahui cara membersihkan blacklist SLIK OJK. 

Skor riwayat kredit yang jelek bisa menjadi masalah saat kalian mengajukan pinjaman. Karena itu, cara membersihkan blacklist SLIK OJK dapat menjadi solusi supaya pengajuan pinjaman mudah di acc. 

Cara membersihkan blacklist SLIK OJK bisa dilakukan agar skor kredit kalian membaik. Lakukan beberapa langkah ini agar nama kalian jadi bersih dari daftar hitam untuk mempermudah mendapatkan pinjaman kembali sesuai kebutuhan. 

Dibawah ini ada beberapa cara membersihkan blacklist SLIK OJK yang dapat kalian coba dan terapkan. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Ini Dia 3 Cara Efektif Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan Anti Tolak

SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan) merupakan skor kredit atas riwayat pengajuan kredit atau pinjaman pada Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank.

Seperti BI Checking, SLIK OJK juga punya peran penting untuk menentukan kredit disetujui atau tidak. Meski kerap tidak tertulis gamblang, ini menjadi salah satu syarat penting saat mengajukan kredit.

Jika kalian memiliki skor kredit buruk, kalian akan masuk ke dalam blacklist SLIK OJK. Hal ini tentu akan mempersulit kalian untuk pengajuan pinjaman ataupun kredit di Lembaga Keuangan lainnya. Untuk bisa mengajukan pinjaman, kalian harus membersihkan nama dari blacklist terlebih dahulu.

Setelah hasil skor riwayat kredit keluar, kalian bisa menentukan keputusan selanjutnya untuk mengajukan kredit sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika ternyata hasil skor kreditnya yaitu 3, 4, bahkan 5, kalian harus waspada.

Berikut adalah cara “membersihkan” nama dari blacklist SLIK OJK.

BACA JUGA:5 Tips Agar SLIK OJK Aman Saat Menggunakan Pinjol, Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui

1. Konfirmasi ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

Bawalah surat penjelasan atau klarifikasi dari bank di tempat kalian mengajukan kredit, lalu konfirmasikan ke OJK bahwa kalian telah menuntaskan kewajiban kredit. Lalu tunggu sampai SLIK OJK kalian dinyatakan benar-benar bersih.

2. Lunasi Kredit atau Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: